Home | Jurnal Medan | Langkat & Simalungun Penyumbang Produksi Daging Sapi Terbesar

Langkat & Simalungun Penyumbang Produksi Daging Sapi Terbesar

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Kabupaten Langkat Dan Kabupaten Simalungun tercatat sebagai dua daerah di Sumatera Utara, yang memiliki populasi sapi terbesar. Kedua daerah itu sama-sama memiliki populasi di atas 100 ribu ekor, dan diandalkan sebagai lumbung daging sapi untuk wilayah Sumatera Utara.

Data sensus pertanian menunjukkan, produksi sapi di Sumatera Utara di 2013 ini mengalami penurunan lebih dari 3 persen jika dibandingkan dengan hasil pendataan yang dilakukan pada 2011 lalu. Tercatat hingga 1 Mei 2013 lalu, populasi sapi di Sumatera Utara hanya sekitar 616 ribu ekor. Sementara pada 2011 lalu, jumlahnya telah mencapai hampir 657 ribu ekor.

Kepala Bidang Statistik Produksi BPS Sumut, Dwi Prawoto kepada SMART FM, Rabu (18/9/2013) mengatakan, penurunan populasi sapi di sumut ini cukup mengkhawatirkan. Pasalnya terjadi justu saat kebutuhan masyarakat semakin tinggi. Penurunan ini sendiri disinyalir terjadi, akibat menurunnya jumlah lahan pertanian yang dapat digunakan sebagai lokasi pembudidayaan sapi secara tradisional. Sementara penurunan jumlah lahan itu, belum diikuti dengan modernisasi produksi sapi melalui peternakan-peternakan modern.

Berdasarkan data yang dirilis BPS, dari 33 Kabupaten/Kota yang ada di sumatera utara, hampir seluruh daerah mengalami penurunan populasi. Pertumbuhan hanya terjadi di Kabupaten Labuhan Batu, Asahan, Labuhan Batu Selatan, Padang Lawas, Tanjung Balai, Pematang Siantar, Tebing Tinggi, Medan dan Kepulauan Nias. Namun jumlah dari masing-masing daerah itu, tidak cukup besar perannya terhadap total populasi sapi di Sumut. Sementara dua daerah yang memiliki populas terbesar yakni Langkat da Simalungun, kedua daerah itu masing-masing memiliki populasi sekitar 111 ribu ekor dan 102 ribu ekor. – Wahyudi Aulia Siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in