Home | Jurnal Medan | Surplus Perdagangan Sumut Dengan Jepang Mencapai Hampir 550 Juta US $

Surplus Perdagangan Sumut Dengan Jepang Mencapai Hampir 550 Juta US $

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara, mencatat surplus neraca perdagangan sumatera utara sejak periode Januari hingga Juli 2013, telah mencapai lebih dari USD2,5 miliar. Namun jumlah itu menurun lebih dari 18 persen dibandingkan dengan periode Januari-Juli 2012 lalu, yang mencapai hampir USD3,1 miliar.

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Sumatera Utara, Ok Hajizi kepada SMART FM, Rabu (18/9/2013) mengatakan, penurunan surplus neraca perdagangan sumut ini didorong oleh pelemahan nilai tukar rupiah yang terus terjadi dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir. Dimana kondisi itu telah membuat penerimaan dari sisi ekspor menurun sangat signifikan.

Pada periode januari-juli 2013, surplus terbesar neraca perdagangan luar negeri Sumatera Utara terjadi dengan Jepang, yang mencapai USD 547 juta dolar. Dimana sumatera utara banyak mengekspor produk hortikultura dan juga karet alam ke negara tersebut. Namun surplus itu juga cenderung menurun karena jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, suprlus neraca perdagangan dengan jepang pada periode ini justru menurun hampir 13 persen.

Hajizi juga mengatakan, tergerusnya neraca perdagangan luar negeri Sumatera Utara ini, cukup bisa tertahan, karena kegiatan importasi bbm yang selama ini menjadi momok bagi struktur perdagangan internasional indonesia, mulai menunjukkan sedikit penurunan. Seperti terhadap Singapura, meski masih defisit namun telah terjadi penurunan importasi sekitar 3 persen. Dimana pada periode Januari-Juli 2012 lalu jumlahnya mencapai USD465 juta dolar dan pada periode Januari-Juli 2013 hanya tinggal USD 450 juta dolar. – Wahyudi Aulia Siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in