Home | Jurnal Medan | Aktifitas Sinabung Menurun, Pengungsi Belum Diijinkan Pulang

Aktifitas Sinabung Menurun, Pengungsi Belum Diijinkan Pulang

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan, aktifitas Gunung Sinabung yang berlokasi di Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo Sumatera Utara, yang meletus Minggu (15/9/2013) dini hari, kini mulai mengalami penurunan. Namun begitu, PVMBG belum menurunkan status Gunung Api tersebut. PVMBG juga merekomendasikan kepada Pemerintah setempat, untuk melarang pengungsi,kembali ke rumah mereka untuk sementara waktu.

Kepala PVMBG, Hendarsto kepada Smart FM, Senin (16/9/2013) mengatakan, saat terjadinya letusan sekitar pukul 02:51 WIB, amplitude tremor di Gunung Sinabung, meningkat dari 3-6 milimeter, menjadi 3-15 milimeter. Kondisi itu pun memaksa pihaknya menaikkan status Gunung Sinabung, dari level Waspada ke level Siaga (level 3). PVMBG pun segera merekomendasikan, agar penduduk di 6 desa di sekitar kaki Gunung Sinabung, harus dievakuasi.

Di siang harinya, sekitar pukul 12:00 WIB, amplitude tremor kembali turun menjadi 3-6 milimeter. Namun PVMBG tidak serta merta menurunkan status Gunung Sinabung, dan belum berani merekomendasikan pemulangan pengungsi. Asap tebal yang masih membubung tinggi di atas kawah Sinabung, membuat PVMBG terpaksa menahan para pengungsi lebih lama lagi di pengungsian. Hendarsto juga mengungkapkan, hingga Senin (16/9/2013) malam kondisi Sinabung semakin membaik. Meski gempa tremor masih terjadi dengan amplitude yang sama. Namun kuantitasnya cenderung menurun. Asap tebal bercampur abu vulkanik yang awalnya membubung hingga 150 meter pun kini mulai menurun, dan lebih cerah dibandingkan saat letusan pertama.

Hingga Senin (16/9/2013) malam, jumlah pengungsi akibat letusan Gunung Sinabung,jumlah pengungsi akibat letusan Gunung Sinabung, telah mencapai lebih dari 6 ribu orang. Para pengungsi itu ditampung di lokasi penampungan, di Kota Berastagi dan Kabanjahe. – Wahyudi Aulia Siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in