Home | Jurnal Medan | TNI Ikut Amankan Rumah Korban Pengungsi Gunung Sinabung

TNI Ikut Amankan Rumah Korban Pengungsi Gunung Sinabung

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara, telah berkordinasi dengan Polda Sumatera Utara, terkait pengamanan 6 desa di sekitar Gunung Sinabung, yang telah ditinggalkan penduduknya mengungsi akibat letusan. BPBD juga telah berkordinasi dengan Kodam I Bukit Barisan, agar personel TNI juga ikut serta dalam penanganan bencana.

Kepala BPBD Sumut, Asren Nasution kepada Smart FM, Senin (16/9/2013) mengatakan,saat ini sekitar 50 personil Brimob dan lebih dari 100-an personel TNI, sudah berada di desa-desa yang terkena dampak letusan, maupun daerah-daerah lainnya yang masuk dalam kawasan rawan primer. Sehingga warga tidak perlu takut dengan akan adanya pencurian atas harta benda mereka.

Asren juga menghimbau kepada warga patuh jika dievakuasi, termasuk warga yang berusia muda. Warga dinilai tak perlu meninggalkan kelompok muda untuk menjaga perkampungan, karena keberadaan mereka justru mempersulit penanganan bencana jika letusan kembali terjadi. Sementara untuk kebutuhan para pengungsi, Asren menjamin sepenuhnya akan disediakan oleh pemerintah Kabupaten Karo, maupun Pemerintah Provinsi, melalui BPBD Sumut.

Untuk diketahui, aktivitas Gunung Sinabung kini mulai menurun. Asap tebal bercampur debu vulkanik yang keluar dari mulut kawah, kini sudah menurun kualitasnya. Namun begitu, para pengungsi belum direkomendasikan untuk kembali, dengan alasan keamanan. Status Gunung Sinabung sendiri masih siaga (level 3), dan lebih dari 6 ribu orang terpaksa diunsgikan ke sejumlah titik yang sudah disiapkan. - Riri Wahyuni(AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in