Home | Jurnal Medan | Sumut Minta Sistem Logistik Nasional Segera Di Realisasikan

Sumut Minta Sistem Logistik Nasional Segera Di Realisasikan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengaku, sulitnya mengatasi persoalan pasokan bahan pangan menjelas hari besar keagamaan, didorong oleh belum adanya konektifitas lintas daerah dalam mengatasi persoalan pasokan. Sistem logistik nasional (Silognas) yang sudah disiapkan pemerintah pun, hingga saat ini belum berjalan, karena belum adanya skema terperenci dari pemerintah.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Utara, Bidar Alamsyah kepada Smart FM, Senin (8/7/2013) mengatakan, sistem logistik nasional belum terealisasi secara praktikal akibat belum adanya petunjuk teknis, serta alokasi anggaran dari pemerintah pusat sebagai kordinatornya. Padahal seringkali satu daerah dan daerah lain memiliki jumlah pasokan yang timpang, yang bisa dimanfaatkan oleh daerah lain yang mengalami kekurangan pasokan.

Bidar juga mengatakan, sistem logistik nasional juga belum memiliki payung hukum yang jelas, sehingga metode distribusi perdagangan dalam negeri, murni dilakukan dengan mekanisme pasar yang rentan dengan pengaruh para spekulan.

Di Sumatera Utara sendiri, Bidar mengaku kordinasi terkait distribusi barang terus dilakukan dengan kabupaten/kota. Daerah penghasil dan daerah konsumen juga sudah terkoneksi lewat pemerintahnya. Namun memang pemerintah kabupaten/kota juga hanya bisa menghimbau, agar perdagangan dalam negeri di sesuaikan dengan petunjuk pelaksanaan yang dikeluarkan pemerintah, tanpa mampu memberikan ketegasan terkait pasokan. – Aulia Siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in