Home | Jurnal Medan | Pemudik Kereta Api Di Sumut Naik 20%

Pemudik Kereta Api Di Sumut Naik 20%

By
Font size: Decrease font Enlarge font

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengungkapkan, pemesanan tiket kereta api untuk segala jurusan di Sumut hingga Sabtu (6/7/2012), sudah mencapai hampir 1900 kursi. Jumlah tersebut mengindikasikan adanya peningkatan, meskipun perayaan Idul Fitri masih sebulan lagi. PT KAI sendiri memprediksi peningkatan penumpang pada tahun ini sekitar 10-20 persen.

Humas PT KAI Divre Sumut - Rapino Situmorang kepada Smart FM, Sabtu (6/7/2013) mengatakan, puncak arus mudik biasanya terjadi pada H-3 dan H+3 Idul Fitri. Dan dilihat dari pengalaman tahun sebelumnya, lonjakan penumpang pada saat arus mudik dan balik tidak begitu signifikan jika dibanding kota besar lainnya di Pulau Jawa. Meski begitu, guna mengantisipasi lonjakan penumpang, PT KAI akan menambah 3 gerbong kereta yang disesuaikan dengan kekuatan lokomotif yang ada. Yakni untuk kereta api Sribilah dengan 1 kelas eksekutif dan 2 kelas bisnis. Dimana dengan penambahan gerbong itu, ada penambahan sekitar 178 tempat duduk di kereta tersebut.

Rapino juga mengatakan, untuk hari biasa kebanyakan pemesanan tiket untuk tujuan Medan - Rantau Prapat, Medan - Tanjung Balai dan Medan – Siantar. Untuk tiket, PT KAI telah menyediakan sebanyak 6 ribu tiket perhari, dengan harga regular untuk seluruh jurusan, kecuali untuk jurusan Tanjung Balai – Siantar, yang merupakan tiket promo hingga 31 Agustus, seharga Rp.30 ribu.

Sementara itu untuk jurusan Rantau Prapat, Tarif Batas Bawah untuk kelas bisnis sebesar Rp 30 ribu dan Tarif Batas Atas Rp 120 ribu. Sedangkan untuk kelas eksekutif dengan tariff batas bawah Rp60 ribu, dan Tarif batas atas Rp 200 ribu. – Riri Wahyuni (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in