Home | Jurnal Medan | Potensi Laut Dalam Belum Jadi Prioritas APEC

Potensi Laut Dalam Belum Jadi Prioritas APEC

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Posisi Indonesia yang berada di tiga samudera, belum membuat pemerintah menjadikan potensi laut dalam sebagai agenda penting dalam pembahasan APEC. Pemerintah beralasan, Indonesia sendiri memiliki keterbatasan dalam eksplorasi potensi laut dalam. Sedangkan member ekonomi APEC lainnya banyak yang tidak memiliki zona laut tersebut.

Direktur Direktorat Jendral Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Kementerian Kelautan, Saut P Hutagalung kepada Smart FM, di Medan Sabtu (6/7/2013) menuturkan, dalam mengusung agenda yang akan diajukan dalam forum APEC, pemerintah di masing-masing Member Ekonomi APEC, harus mengedepankan skala prioritas perekonomian yang berkaitan dengan sesama Member Ekonomi APEC lainnya.

Ketiadaan potensi laut dalam di banyak member ekonomi APEC, membuat pembahasan tersebut menjadi kurang menarik. Jika dipaksakan Indonesia justru akan kehilangan kesempatan untuk usulan-usulan strategis lainnya. Indonesia sendiri dalam forum KTT APEC 2013 di Bali Oktober mendatang, akan mengusung gagasan ekonomi biru. Dimana gagasan tersebut pada substansinya membahas pembangunan perekonomian wilayah berbasis kelautan. Khususnya dalam upaya pemenuhan kebutuhan pangan, yang bersumber dari laut.

Saut mengaku, gagasan ekonomi biru itu menjadi juga menjadi lebih penting dibandingkan pembahasan potensi laut dalam, karena selama ini banyak potensi laut yang hilang justru karena ulah negara tetangga. Sehingga dengan penetrasi pembahasan ekonomi biru, nantinya akan diperbincangkan soal pelarangan perdagangan ikan hasil tangkapan illegal, serta pengelolaan potensi kelautan secara berkesinambungan. Begitu pun ia menyadari jika pembahasan potensi laut dalam cukup penting, dan sangat mungkin dijadikan agenda khusus di pertemuan-pertemuan APEC selanjutnya. – Aulia Siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in