Home | Jurnal Medan | Pemerintah Siap Tindaklanjuti Kesepakatan Bidang Kesehatan APEC

Pemerintah Siap Tindaklanjuti Kesepakatan Bidang Kesehatan APEC

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah Indonesia menyatakan kesiapannya menindaklanjuti kesepakatan 21 Member Economy APEC, yang merekomendasikan pembentukan kebijakan lokal terkait wilayah pelayanan kesehatan universal. Indonesia bahkan sudah menyiapkan skema kebijakan, yang nantinya akan dipromosikan pada pertemuan khusus kebijakan kesehatan APEC, yang akan digelar di China.

Direktur Kesehatan Anak Kementerian Kesehatan yang juga Wakil Ketua Kelompok Kerja Kesehatan APEC - Jane Soepardi kepada Smart FM di Medan, Sabtu (6/7/2013) mengatakan, sebagai ketua APEC saat ini Indonesia memiliki kesempatan besar untuk memasukkan kepentingan nasional dalam skema kerjasama APEC.

Skema yang akan diusung pemerintah di bidang kesehatan sendiri akan menekankan pada eksploitasi potensi nasional berubah obat herbal, serta penyelenggaraan pelayanan kesehatan secara universal di Indonesia. Dimana lewat skema itu, Indonesia akan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi 21 Member Ekonomi APEC untuk berinvestasi di sektor kesehatan umum. Seperti investasi di pelayanan kesehatan dan juga investasi di sektor industri obat herbal. Yang mana jika investasi tersebut berhasil masuk akan menguntungkan Indonesia dari sisi hilirisasi obat herbal serta kunjungan wisatawan kesehatan. Seperti yang saat ini dinikmati Malaysia, Singapura dan Australia.

Jane menambahkan, dalam pertemuan pejabat tinggi ketiga APEC di Medan akhir juni lalu hampir seluruh Member Ekonomi APEC menyetujui rekomendasi kebijakan itu. Dan kemungkinan besar KTT tingkat pimpinan Member Ekonomi APEC yang digelar di Bali Oktober mendatang juga akan menyetujuinya. – Aulia Siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in