Home | Jurnal Medan | Indonesia Ekspor Triliunan Produk Kayu Ke Seluruh Dunia

Indonesia Ekspor Triliunan Produk Kayu Ke Seluruh Dunia

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Sejak 1 Januari-25 Juli 2013, Indonesia telah mengekspor sebanyak 3,6 juta ton produk kayu olahan ke sejumlah Negara di Asia, Amerika Serikat dan Uni Eropa. Produk kayu olahan itu utamanya berbentuk Plywood, Pulp, Kertas dan Furniture.

Hal tersebut disampaikan Direktur Bina Pengolahan dan Pemasaran Hasil Kehutanan Kementerian Kehutanan, Dwi Sudarto kepada Smart FM di Medan, Jumat (5/7/2013). Menurutnya, total ekspor 3,6 juta ton produk kayu itu.telah berkontribusi sebesar Rp.28 triliun terhadap penerimaan devisa nasional.

Dwi mengungkapkan, total ekspor itu didapat dari 36.419 kali pengiriman, yang dilakukan melalui 64 pelabuhan yang ada di Indonesia, ke 820 pelabuhan bongkar muar di 134 negara di seluruh dunia. Dimana 75 persen diantaranya diekspor ke wilayah Asia, 10 persen ke wilayah Uni Eropa, dan sekitar 7 persen ke Amerika Serikat.

Dwi mengklaim, kinerja ekspor produk olahan kayu ini terbilang cukup baik, dan merupakan keberhasilan penerapan sistem verifikasi legalistas kayu (SVLK), yang sudah diberlakukan sejak 1 Januari 2013 lalu. Dimana dengan keberadaan sistem itu, tata kelola dan tata niaga perkayuan menjadi lebih baik, karena tercatat mulai dari kegiatan produksi di tingkat hulu, hingga perdagangan di tingkat hilir. Yang cukup mengejutkan, Pulau Jawa yang selama ini terstigma sebagai daerah yang tidak memiliki banyak hutan, ternyata berkontribusi paling besar terhadap volume ekspor itu. Bahkan total volumenya mengalahkan wilayah Sumatera dan Kalimantan, yang memang masih memiliki hutan cukup luas.

Tingginya ekspor dari wilayah Jawa, didorong pertumbuhan industry pengolahan kayu yang tumbuh pesat di daerah itu. Dimana saat ini terdapat sekitar 134 industri pengolahan kayu di seluruh pulau Jawa. Industri-industri pengolaha kayu itu mendatangkan bahan mentah kayu dari Sumatera dan Kalimantan, lalu mencatatkan ekspor lewat pelabuhan di Jawa, setelah diolah menjadi produk setengah jadi, maupun produk siap pakai. – Aulia Siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in