Home | Jurnal Medan | Ramadhan, THM Dilarang Beroperasi

Ramadhan, THM Dilarang Beroperasi

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah Kota meminta kepada seluruh pengusaha tempat hiburan di Medan, terhitung mulai 8 Juli-9 Agustus mendatang. Penutupan sementara itu ditujukan untuk menghormati umat Islam, yang tengah menjalankan ibadah puasa, sekaligus merayakan Hari Raya Idul Fitri 1434 H.

Plt Walikota Medan, Dzulmi Eldin dalam keterangan pers yang diterima Smart FM, Rabu (3/7/2013) petang mengatakan, bagi tempat hiburan umum yang tidak mengindahkan larangan tersebut, akan diberi sanksi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Larangan ini sendiri disampaikan berdasarkan Keputuasan Wali Kota Medan No.16 Tahun 2013 tanggal 3 April 2003 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Medan No.37 Tahun 2002 pasal 12 ayat 1. Dimana dalam ketentuan tersebut, diatur bahwa penyelenggaraan usaha hiburan umum berupa diskotik, gelanggang permainan ketangkasan, karaoke, live music, bar, pub dan panti pijat/spa, tidak dibenarkan beroperasi pada hari besar keagamaan seperti seperti bulan suci Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri dan hari Raya Idul Adha.

Selain itu, menurut Eldin, sesuai hasil rapat antara Forum Komunikasi pimpinan Daerah Kota Medan dengan ormas Islam di ruang rapat I Kantor Wali Kota Medan pada Selasa (18/6/2013) lalu, diputuskan bahwa Pemko akan tetap menjalankan keputusan walikota tersebut. Eldin juga meminta agar mereka tidak melakukan aktifitas usaha mulai 14 Oktober dari pukul 14.00 WIB sampai tanggal 15 Oktober 2013 pukul 18.00 WIB karena Hari raya Idul Adha 1434 H. Untuk usaha rumah bola billiard, kegiatan usaha dilakukan mulai pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB. Ketentuan ini berlaku mulai 8 Juli sampai 9 Agustus 2013.

Ditegaskan Eldin, ketentuan ini tidak berlaku untuk seluruh hiburan umum kecuali pub, bar, live music dan karaoke yang merupakan fasilitas hotel berbintang 3, 4 dan 5. Namun seluruh fasilitas hotel berbintan itu harus melaksanakan kegiatan mulai pukul 22.00 WIB sampai 02.00 WIB dengan ketentuan mendapatkan rekoemndasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Medan. Untuk itu Pemko Medan melalui Disbudpar akan mengkirimkan surat edaran kepada seluruh tempat hiburan umum agar mematuhi ketentuan ini. (RIL/AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in