Home | Jurnal Medan | Pemprov Fasilitasi Percepatan Pembaharuan Amdal PLTA Batang Toru

Pemprov Fasilitasi Percepatan Pembaharuan Amdal PLTA Batang Toru

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Gubernur Sumatera Utara Gatot Pudjonugroho mengaku, tengah memproses pengajuan pembaharuan analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal) untuk proyek PLTA Batangtoru, yang sudah diajukan oleh para investor di PLTA tersebut. Gubernur pun menargetkan, pembaharuan Amdal ini dapat selesai dalam kurun waktu dua bulan. Sehingga proses peningkatan level elektrifikasi di Sumut, dapat segera direaliasikan.

Gatot kepada Smart FM, Selasa (2/7/2013) mengatakan, pembaruan Amdal yang diajukan para investor, ditujukan untuk rencana penggabungan seluruh kapasitas listrik yang ada di PLTA tersebut. Karena dengan digabungkan, biaya operasional akan semakin mudah, dan daya yang dihasilkan akan semakin besar. Mencapai 200-300 Megawatt (MW). Cukup untuk menutupi penurunan daya listrik yang disebabkan oleh menuanya mesin pembangkit utama di PLTU Sicanang Belawan. Sementara saat ini, kapasitas daya listrik dari PLTA tersebut, hanya sekitar 2x80 MW.

Untuk diketahui, PLTA Batangtoru sendiri kini dioperasikan oleh Kerjasama Operasio antara PLN dengan Dharma Hydro. Dimana dana investasi pembangkit yang tergolong ramah lingkungan itu, diperlukan untuk pembangunan berkisar USD1,2 miliar. Pembangunan PLTA tersebut merupakan langkah kebijakan yang diambil pemerintah daerah dalam melakukan percepatan pembangunan di Sumatera Utara. – Riri Wahyuni (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in