Home | Jurnal Medan | Pemerintah Usulkan Menteri Keuangan Kembali Ikut Berbicara Di Forum APEC

Pemerintah Usulkan Menteri Keuangan Kembali Ikut Berbicara Di Forum APEC

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah Indonesia mengusulkan agar Menteri Keuangan kembali dilibatkan dalam pembicaraan fiskal dan moneter di forum APEC. Keterlibatan menkeu dinilai penting untuk membicarakan stabilitas keuangan dalam hubungannya dengan pembiayaan perdagangan.

Direktur Direktorat Kerjasama APEC dan Organisasi Internasional Kementerian Perdagangan – Denny Kurnia Kepada Smart FM, di Medan Senin (1/7/2013) mengatakan, keterlibatan Menteri Keuangan ini penting untuk menindaklanjuti seringnya muncul stimulus Bank Sentral Amerika, yang telah memberikan dampak pada kegiatan perdagangan internasional. Namun kondisi itu tak pula bisa diprotes, karena merupakan kebijakan keuangan internal Amerika Serikat.

Deny mengaku, dengan keterlibatan menteri keuangan, stimulus-stimulus perekonomian yang dikeluarkan pemerintah negara APEC dapat dikomunikasikan. Atau setidaknya dapat termonitor sejak awal, guna persiapan langkah antisipatif dalam kerangka mencegah melebarnya dampak dari stimulus kebijakan Bank Central Amerika Serikat itu.

Deny juga mengatakan, dengan keterlibatan menteri keuangan negara-negara anggota APEC, maka antar anggota APEC dapat berbagi agenda fiskal dan moneter satu sama lain. Kondisi ini akan memudahkan seluruh negara APEC untuk membangun strategi bersama dalam memenangkan kepentingan APEC di forum Organsiasi Perdagangan Dunia (WTO) yang sifatnya mengingat setiap anggotanya. – Aulia Siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in