Home | Jurnal Medan | RI Fokus Perjuangkan Riset Bersama Di Forum APEC

RI Fokus Perjuangkan Riset Bersama Di Forum APEC

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah Indoensia menyatakan kesiapannya membuka dan menjalin konektivitas penelitian antara sesama anggota APEC. Dalam pertemuan bidang riset dan teknologi pejabat senior APEC yang di gelar di Medan hari ini, Indonesia pun menawarkan riset-riset di 7 bidang strategis, yang selama ini sudah dikembangkan.

Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta kepada Smart FM, Senin (1/7/2013) mengatakan, Indonesia akan mempromosikan riset-riset strategis hasil peneliti nasional untuk ditawarkan di Forum APEC. Riset-riset itu terklasifikasi pada 7 bidang, yakni bidang pertanian, ketahanan pangan, kesehatan, pertahanan, teknologi Informasi, energi , dan material maju. Hatta mengaku, keberadaan APEC sangat penting untuk secara bersama-sama mendorong riset yang ada di masing-masing negara. Khususnya bagi Indonesia yang selama ini riset-riset hasil peneliti nasional banyak terhenti karena sejumlah kendala. Seperti keterbatasan dana dan peralatan yang dimiliki.

Sementara itu terkait riset unggulan, Indonesia setidaknya memiliki dua riset yang belum dimiliki negara lain. Seperti di bidang pertanian, Indonesia kini telah mengembangkan bibit padi berteknologi nuklir yang dapat meningkatkan produksi dari sekitar 6 ton per hektare menjadi 10 ton perhektar. Indonesia juga memiliki teknologi radioisotope, yakni teknologi pembaca sel kanker.

Hatta juga mengatakan, Indonesia sendiri secara nasional kini telah menjadikan 7 bidang tersebut sebagai fokus pemgembangan riset nasional. Sejumlah lembaga penelitian dan riset ikut dilibatkan dalam riset tersebut. Termasuk lembaga penelitian dari negara lain di sesama anggota APEC, jika kesepakatan membuka jaringan dan promosi riset dapat direalisasikan. – Aulia Siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in