Home | Jurnal Medan | 73% Perlintasan Kereta Api Di Sumut Ilegal

73% Perlintasan Kereta Api Di Sumut Ilegal

By
Font size: Decrease font Enlarge font

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyatakan, saat ini ada sekitar 263 jalur perlintasan kereta api illegal yang ada di Sumut. Jumlah mencapai 73 persen dari total perlintasan yang ada.

Kepala Humas PT KAI Divisi Regional I Sumut-Aceh, Rapino Situmorang kepada Smart FM, Senin (24/6/2013) mengatakan, kondisi itu sangat mengkhawatirkan. Apalagi perlintasan illegal itu, sudah tentu tidak dilengkapi dengan penjaga, palang pintu apalagi lampu peringatan. Rapino mengaku, pembukaan perlintasan yang membelah jalur kereta api saat ini sulit dielakkan. Khususnya akibat perluasan wilayah pembangunan. Dimana pada umumnya, pembukaan perlintasan itu, untuk membuka akses jalan ke lokasi-lokasi tertentu, khususnya lokasi pemukiman baru. Namun ia menegaskan, jika berdasarkan ketentuan perundang-undang, menyiapkan penjagaan, pintu perlintasan maupun lampu peringatan, bukanlah tanggungjawab PT KAI. Melainkan tanggungjawab pemerintah daerah selaku pemilik wilayah.

PT KAI sendiri sudah membantu menyediakan palang pintu dan penyediaan penjaga perlintasan. Namun tentunya PT KAI tak sanggup menyediakan seluruh sarana dan personil tersebut. Oleh karena itu, PT Kai meminta agar pemerintah segera melengkapi sarana dan prasarana perlintasan itu, guna menghindari konflik antara masyarakat dan kereta api. Khususnya seiring dengan segera diberlakukannya kereta api cepat, tujuan Medan Kuala Namu. Yang mana jika pintu perlintasan tidak dilengkapi pintu dan penjaga, maka dipastikan angka konflik tersebut akan meningkat signifikan. Kepada Masyarakat, Rapino mengingatkan agar selalu meningkatkan kewaspadaan saat hendak melewati setiap perlintasan kereta api, karena jika berkonflik, masyarakat menjadi pihak yang dirugikan. – Riri Wahyuni(AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in