Home | Jurnal Medan | Indonesia Perjuangkan CPO & Karet Jadi Produk Ramah Lingkungan APEC

Indonesia Perjuangkan CPO & Karet Jadi Produk Ramah Lingkungan APEC

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Delegasi Indonesia di Forum Pejabat Senior (SOM) III APEC 2013, kembali memperjuangkan masuknya komoditi minyak sawit mentah (CPO) dan karet Indonesia ke dalam daftar produk ramah lingkungan APEC. Sejumlah program pun telah disiapkan, untuk membangun keyakinan dari 21 delegasi negara anggota yang hadir.

Staf Ahli Menteri Luar Negeri Bidang Ekonomi, Sosial dan Budaya, M Wahid Supriyadi kepada Smart FM, Senin (24/6/2013) mengatakan, upaya memasukkan kedua komoditi itu dalam daftar produk ramah lingkungan APEC, sudah dimulai sejak SOM I di Jakarta Februari lalu. Upaya tersebut pun semakin intensif dilakukan pada SOM II di Surabaya pada April lalu, sehubungan dengan keluarnya pernyataan Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA), yang menuding produk CPO dan Karet Indonesia tidak ramah lingkungan.

Di SOM III yang digelar di Medan 22 Juni-6 Juli 2013 ini pun akan menjadi final dari perjuangan itu, sebelum KTT APEC di gelar 1-8 Oktober 2013, di Nusa Dua Bali. Wahid menegaskan, pelaksanaan SOM III di APEC di Medan pun sangat strategis bagi upaya tersebut. Karena Sumatera Utara memiliki lokasi pembudidayaan dan pengolahan kedua komoditas itu. Dimana kondisi itu bisa dimanfaatkan untuk membawa para delegasi dari 21 anggota APEC, CEO perusahaan multinasional, lembaga internasional serta EPA, untuk membuktikan langsung pernyataan EPA.

Pihaknya pun optimis dapat merubah paradigm para anggota delegasi negara APEC, karena Indonesia sejatinya telah mampu menurunkan kadar emisi gas buang, yang dihasilkan industri pengolahan kedua komoditi itu. Apalagi saat ini, pabrik-pabrik pengolahan sudah terintegrasi dengan pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan. - Aulia Siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in