Home | Jurnal Medan | Surplus Perdagangan Sumut dan Jepang Tumbuh Melambat

Surplus Perdagangan Sumut dan Jepang Tumbuh Melambat

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara mencatatkan surplus pada perdagangan internasional Sumatera Utara, dengan sejumlah mitra dagangnya. Tercatat jumlah surplus itu pada April 2013 lalu, mencapai USD 377 juta.

Namun berdasarkan catatan BPS, jumlah surplus yang meningkat sekitar 21% jika dibandingkan Maret 2013 itu, cenderung melambat secara tahunan. Tercatat pada April 2012 lalu, surplus perdagangan internasional Sumut mencapai USD459 juta.

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Sumut, OK Hajizi kepada Smart FM, Jumat (7/6/2013) menuturkan, perlambatan pertumbuhan surplus perdagangan ini didorong oleh belum maksimalnya permintaan dari sejumlah negara tujuan ekspor Sumut, akibat belum usainya dampak krisis global. Seperti dengan Jepang, yang pada periode Januari-April 2012 lalu mengalami surplus hampir 380 juta dolar. Sementara pada Januari-April 2013 ini, hanya sekitar 310 juta dolar amerika.

Kondisi itu disebabkan oleh banyaknya produsen di Jepang yang belum memaksimalkan pembelian bahan baku dari Sumatera Utara, karena kegiatan produksi mereka yang juga terganggu akibat mengecilnya pangsa pasar global. Berbanding terbalik dengan tingkat importasi ke dalam negeri, yang terus meningkat seiring tingginya kebutuhan industry berbasis impor yang ada di Sumut.

Selai Jepang, surplus perdagangan luar negeri sumatera utara juga di dapat dari India. Amerika Serikat, Belanda dan China/ Besaran surplus terhadap kelima Negara itu. antara USD 101 juta hingga USD 231 juta. Sementara defisit perdagangan terjadi pada lima Negara, yakni Kuwait,  Argentina, Australia, Malaysia dan Singapura. Besaran defisitnya antara USD 12 ribu - USD 292 ribu .- Aulia Siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in