Home | Jurnal Medan | OJK : Investasi Ritel Domestik Harus Diperkuat

OJK : Investasi Ritel Domestik Harus Diperkuat

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menghimbau kepada masyarakat untuk dapat secara aktif mendorong upaya pemerintah meningkatkan jumlah investasi dari dalam negeri. Hal ini penting untuk memodernisasi bentuk investasi masyarakat, serta juga menjaga ketahanan pasar modal nasional, dari invasi dana asing.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan – Nurhaida kepada Smart FM, Jumat (7/6/2013) menuturkan, tingginya pergerakan dana asing di pasar modal dalam negeri, membuktikan bahwa kegiatan makro ekonomi di Indonesia  saat ini masih cukup baik. Pemerintah pun sepertinya begitu serius mempertahankan keberadaan investasi asing di pasar modal, agar kegiatan pasar modal semakin dinamis.

Namun pemerintah menyadari, keterlibatan investor lokal juga sangat penting untuk mengantisipasi penarikan dana secara besar-besaran, yang dapat membuat ambruknya bursa seperti pada 1998 lalu.

Pertumbuhan kelas menengah di Indonesia termasuk Sumatera Utara saat ini telah mencapai 45 juta orang. Satu potensi yang cukup besar, jika dimanfaatkan secara maksimal di pasar modal. Namun karena modal yang cukup besar, pemerintah menawarkan agar masyarakat dapat masuk ke sektor ritel pasar modal, melalui produk reksa dana, yang hanya membutuhkan dana ratusan, hingga beberapa juta rupiah.

Saat ini, jumlah investor dalam negeri, masih dibawah 1 persen dari total jumlah kelas menengah nasional, yang telah mencapai 45 juta jiwa. Dimana pada umumnya para investor merupakan investor perempuan, yang berdomisili di kota-kota besar di Pulau Jawa.

Pemerintah sendiri menargetkan pertumbuhan investor ini bisa meningkat 15 persen dibandingkan saat ini, pada 2015 mendatang. Dimana untuk memenuhi target itu, pemerintah bersama asosiasi perusahaan jasa manajer investasi, telah berkomitmen untuk memperluas dan mengintensifkan sosialisasi hingga ke daerah-daerah.Aulia Siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in