Home | Jurnal Medan | TPID Sumut Sulit Kendalikan Inflasi Jika BBM Bersubsidi Tetap Dinaikkan

TPID Sumut Sulit Kendalikan Inflasi Jika BBM Bersubsidi Tetap Dinaikkan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Tim Pengendali Inflasi Daerah – TPID Sumatera Utara menilai, pertumbuhan tingkat inflasi akan sulit ditekan, jika pemerintah tetap menaikkan harga BBM bersubsidi sesuai jadwal, pada bulan depan. Hal itu dikarenakan, sudah cukup tingginya inflasi yang terjadi di Sumatera Utara pada saat ini.

Tim Ahli TPID Sumut Warsono kepada Smart FM, Rabu (5/6/2013) mengatakan, inflasi sebesar 0,28 persen yang terjadi pada tingkat pergerakan harga di Sumut pada Mei lalu, tentunya cukup mengkhawatirkan. Apalagi ke depan merupakan bulan-bulan yang penuh dengan permintaan yang cukup tinggi, sebagai dampak dari masuknya momentum ramadhan dan lebaran.

Warsono mengaku, Bank Indonesia sebagai bagian dari TPID, sudah membuat skema perhitungan inflasi jika BBM bersubsidi dinaikkan. Kenaikan BBM bersubsidi akan mendorong inflasi sekitar 2,46 persen. Yakni 1,23 persen akibat dampak langsung, yakni bertambahnya pengeluaran masyarakat akibat pembelian BBM bersubsidi, serta 1,22 persen akibat dampak tidak langsung, yakni pengeluaran ongkos angkut sekitar 0,82 persen dan pengeluaran akibat kenaikan harga komoditas sekitar 0,4 persen.

Dengan telah naikknya sejumlah harga kebutuhan pokok, seperti cabai merah, tentunya pertumbuhan inflasi itu akan semakin liar. Apalagi pemerintah belum memiliki skema yang jelas dalam upaya memastikan ketahanan stok komoditi pangan tersebut.

Begitupun, dalam kerangka antisipasi laju pertumbuhan angka inflasi ini, Bank Indonesia maupun TPID sudah berkordinasi dengan pemerintah daerah untuk mengawal distribusi komoditas pangan ini agar tak sampai dicurangi oleh spekulan. Pemerintah daerah juga sudah diminta untuk melakukan intensifikasi tanaman cabai, dengan memanfaatkan pekarangan rumah, seperti yang kini sudah diprogramkan oleh sejumlah kabupaten/kota di Sumut. – Aulia Siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in