Home | Jurnal Medan | Pertamina Siagakan 15 Ribu Liter Avtur Di Kuala Namu

Pertamina Siagakan 15 Ribu Liter Avtur Di Kuala Namu

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Untuk mendukung operasional Bandara Kuala Namu (KNIA), Pertamina telah menyiapkan sarana dan infrastruktur berupa penyediaan avtur melalui Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU). Sejak akhir tahun 2012, DPPU Kuala Namu sudah siap beroperasi secara fisik dengan rampungnya pengerjaan fasilitas kantor dan tangki timbun, serta penempatan tenaga Sumber Daya Manusia. Namun operasionalnya terus tertunda, seiring tertundanya operasional bandara.

Senior Supervisor External Relation PT Pertamina Marketing Operation Region I Sumatera Bagian Utara, Fitri Erika dalam keterangan pers yang diterima Smart FM, Rabu (5/6/2013) mengatakan, pertamina sudah menyiapkan 5 buah tangki timbung dengan kapasitas masing-masing mencapai 3 ribu kiloliter (kl), atau total 15 ribu kl di KNIA. Jumlah itu 6 kali lebih besar dibandingkan kapasitas DPPU Polonia Medan, yang hanya berkapasitas 2400 kl.  

Penambahan kapasitas secara cukup signifikan ini didasari atas adanya penambahan penerbangan yang cukup banyak dari KNIA, saat dioperasikan nanti. Sehingga rata-rata penyaluran yang mencapai 400 kl/hari seperti di Polonia dinilai harus ditambah.

Disamping meningkatkan kapasitas tangki, Pertamina juga meningkatkan kualitas penyaluran avtur ke pesawat udara. Peningkatan kualitas itu, diwujudkan dalam penggunaan hydrant system.

Selain dukungan ke KNIA, Pertamina kini juga tengah mendukung operasional Bandara Perintis Silangit di Kabupaten Tapanuli Utara. Pertamina telah membuka DPPU untuk membantu penyediaan avtur di bandara tersebut, sejak Nopember 2012 lalu. Walaupun saat ini  jumlahnya relatif masih lebih kecil, tetapi diperkirakan akan terus bertambah dengan semakin banyak penerbangan yang menuju ke daerah wisata ini. – Aulia Siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in