Home | Jurnal Medan | Bulog Pastikan Stok Beras Di Sumut Aman Hingga Lebaran

Bulog Pastikan Stok Beras Di Sumut Aman Hingga Lebaran

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Badan Urusan Logistik (Bulog) menjamin stok beras di Gudang Bulog / akan sanggup memenuhi kebutuhan beras masyarakat Sumatera Utara hingga 4 bulan ke depan. Termasuk untuk menghadapi kemungkinan meningkatnya kebutuhan beras, menjelang dan saat perayaan hari besar keagamaan nasional, mulai bulan depan.

Kepala seksi analisis harga pasar Badan Urusan Logistik Divisi Regional Sumatera Utara - Darma Wijaya kepada Smart FM, Selasa (4/6/2013) mengatakan, saat ini stok beras premium yang ada di gudang Bulog sumatera utara sekitar 55.800 ton. Stok itu diperkirakan akan mampu memenuhi kebutuhan beras masyarakat Sumatera Utara, yang mencapai angka sekitar 10 ribu ton perbulan. Stok beras yang ada di Gudang Bulog itu, diperoleh dari hasil panen petani lokal ataupun juga pasokan bantuan dari wilayah di sekitar Sumatera. Selain itu, mulai tahun ini, Bulog juga menerima pasokan beras dari Pulau Jawa, untuk menekan laju pertumbuhan beras impor.

Dalam kerangka terus memperkuat dan menjaga keberlangsungan ketahanan stok beras di Sumut, Bulog juga menghimbau kepada pemerintah daerah untuk dapat memberikan insentif kepada petani local. Sehingga petani dapat melakukan intensifikasi tanamannya. Sementara kepada petani, bulog berharap dapat mengucurkan hasil panennya dan tidak melakukan penahanan beras. Pasalnya aksi yang selalu terjadi di sejumlah daerah itu, justru akan rentan dimanfaatkan oleh para spekulan.

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in