Home | Jurnal Medan | Harga Cabai Makin Pedas, Sumut Inflasi 0,28 Persen

Harga Cabai Makin Pedas, Sumut Inflasi 0,28 Persen

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara mencatat, tingkat pergerakan harga di Sumatera Utara mengalami inflasi sebesar 0,28 persen sepanjang Mei 2013 lalu. Inflasi tersebut pada umumnya didorong oleh peningkatan harga komoditas cabai merah, yang meningkat cukup signifikan dalam kurun waktus sebulan terakhir.

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Sumut OK Hajizi mengatakan, inflasi yang terjadi di Sumut terbentuk dari indeks harga di 4 kota dengan indeks harga konsumen (IHK) di Sumut. Yakni Medan, Pematang Siantar, Padang Sidimpuan dan Sibolga. Dari keempat kota itu, 2 diantaranya mengalami inflasi, dan 2 lainnya mengalami deflasi. Medan dan Pematang Siantar mengalami inflasi masing-masing sebesar 0,34 persen. Sementara Sibolga dan Padang Sidimpuan mengalami deflasi masing-masing 0,2 dan 0,44 persen. Di Medan, dengan peran lebih dari 80 persen terhadap pergerakan harga di Sumut, Inflasi di sebabkan kenaikan harga cabai merah sebesar 41 persen. Lalu rokok hampir 2 persen, upah pembantu rumah tangga hampir 3 persen, harga ikan kembung serta dencis sekitar 6 persen. Begitupula secara andil, cabai merah mendorong inflasi di Medan sebesar 0,3 persen , sementara di 3 kota lainnya sekitar 0,7 persen.

OK Hajizi juga mengatakan, Inflasi sebesar 0,28 persen yang terjadi pada Mei lalu, membuat laju inflasi kumulatif di Sumut mencapai 3,54 persen. Sedangkan laju inflasi year on year mencapai 6,57 persen. Dimana inflasi kumulatif tertinggi terjadi di Sibolga sebesar 4,27 persen, sedangkan terendah terjadi di Padang Sidimpuan sebesar 1,45 persen. Sementara inflasi year on year, tertinggi terjadi Pematang Siantar sebesar 6,6 persen, sedangkan terendah terjadi di Padang Sidimpuan sebesar 4,68 persen. – Aulia Siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in