Home | Jurnal Medan | Pemko Medan Optimis Juni Proyek Videotron Teralisasi

Pemko Medan Optimis Juni Proyek Videotron Teralisasi

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah Kota Medan mengaku optimis, realisasi proyek Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (Videotron) dapat dirampungkan pada Juni 2013 mendatang. Dengan realisasi proyek tersebut, Pemko Medan yang baru meraih penghargaan sebagai kota dengan kemampuan pengendalian inflasi terbaik di Indonesia, optimis dapat semakin meningkatkan upaya pencegahan pertumbuhan inflasi di Sumut.

Ketua Tim Ahli Tim Pengendalian Inflasi Derah (TPID) Kota Medan, yang juga Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kota Medan, Qamarul Fattah kepada Smart FM, Selasa (13/5/2013) mengatakan, tahapan pelaksanaan proyek Videotron itu sudah sampai pada penyelesaian proses tender, di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Medan.

Saat ini mitra pemerintah yang memenangkan tender, sedang melaksanakan pengadaan perangkat sistem videotron tersebut, dan ditargetkan rampung sebelum Juni 2013 mendatang. Lebih lanjut Qamarul mengatakan, sebagai percobaan, Pusat Informasi Harga Pangan Strategis akan dilakukan di enam pasar tradisional di Kota Medan terlebih dahulu. Sistem kerja pemutakhiran data pada videotron itu, akan dilakukan melalui pesan singkat (SMS), yang kemudian disaring melalui sistem database yang sudah disiapkan secara terpusat, untuk kemudian ditampilkan secara cepat di layar-layar videotron pendukung sistem tersebut. Diharapkan dengan adanya Pusat Informasi Harga Pangan Strategis ini, tidak akan ada lagi informasi asimetris mengenai harga pasar di masyarakat. Masyarakat juga dapat menjadikan informasi harga yang ditampilkan, sebagai referensi untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan keinginannya.

Kestabilan harga di Medan sendiri selama ini diakui cukup penting bagi Sumatera Utara, karena peran Kota Medan dalam pembentukan tingkat pergerakan harga di Sumut mencapai hampir 80 persen lebih. Sehingga keberadaan Videotron ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat kestabilan inflasi, bagi daerah-daerah lainnya di Sumut. - Riri Wahyuni (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in