Home | Jurnal Medan | Kurang Personel, Penetapan Daftar Calon Anggota Legislatif Sumut Terhambat

Kurang Personel, Penetapan Daftar Calon Anggota Legislatif Sumut Terhambat

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pasca ditinggalkan 2 komisionernya untuk mengikuti kontestasi pemilihan anggota legislatif 2014, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumatera Utara mengaku kesulitan mengambil kebijakan terkait pelaksanaan pemilu di Sumut. Pasalnya dengan tersisa tiga komisioner, KPUD praktis tak bisa mengambil sejumlah kebijakan, khususnya yang diambil dalam rapat pleno.

Komisioner KPUD Sumut Nurlela Johan kepada Smart FM, Kamis (18/4/2013) mengatakan, berdasarkan ketentuan yang berlaku, rapat pleno KPUD harus dihadiri seluruh anggota komisioner. Sehingga kerja-kerja pemilihan yang harus dirampungkan dalam waktu dekat, sulit tercapai tepat waktu. Termasuk penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota Legislatif Daerah, yang penetapannya dilakukan lewat rapat pleno. Begitupun KPUD menurut Nurlela, sudah menyampaikan kepada KPU Pusat di Jakarta, untuk segera mensahkan Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap dua komisioner yang mengundurkan diri itu.

KPUD Sumut juga sudah mengeluarkan rekomendasi nama-nama komisioner pengganti, yang diambil berdasarkan perolehan nilai tertinggi, pada saat seleksi anggota KPUD lalu. Nurlela berharap segera ada keputusan dari KPU Pusat, sehingga kerja-kerja pemilihan yang harus segera dilakukan tidak terhambat, dan mengganggu proses persiapan pemilihan. Pendaftaran calon anggota legislatif, dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia mulai tanggal 9 Maret hingga 22 april mendatang.

Sementara hasil penetapan daftar calon anggota legislative itu, sudah harus ada mulai 31 Mei hingga 12 juni 2013 mendatang. Hingga hari, dari 12 partai politik yang terdaftar di Sumut, baru Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang sudah menyerahkan daftar calon anggota legislatifnya. PKS Sumut mengusung 99 orang calon anggota legislatif, untuk 12 daerah pemilihan di seluruh Sumatera Utara. – Aulia Siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in