Home | Jurnal Medan | Impor Benih Dibatasi, Produksi Bawang Sumut Sulit Digenjot

Impor Benih Dibatasi, Produksi Bawang Sumut Sulit Digenjot

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berencana kembali merevitalisasi kawasan pertanian bawang di sejumlah Kabupaten di sekitar Danau Toba. Revitalisasi itu bertujuan untuk menggenjot produksi bawang nasional, di tengah terjadinya kelangkaan komiditi tersebut belakangan ini. Namun rencana tersebut diakui sulit terealisasi, karena ada sejumlah masalah kebijakan dan dan kondisi alamiah yang menghempangnya.

Kepala Bidang Program Dinas Pertanian Sumut, Lusiantini kepada Smart FM, Senin (15/4/2013) menyebutkan, sentra pertanian bawang di sekitar danau toba memang pernah cukup dikenal. Namun untuk kembali mengulang kesuksesan itu, tentunya bukan perkara mudah. Pasalnya, terhentinya produksi bawang di kawasan itu sejatinya dilakukan secara terpaksa, akibat harga jual yang rendah. Lusiantini mengaku, bawang hasil produksi kawasan itu memang memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan bawang impor, maupun bawang dari wilayah sentra pertanian bawang di Brebes Jawa Tengah. Sehingga harganya jualnya pun kurang maksimal.

Di sisi lain, petani sudah mencoba untuk meningkatkan produksi dengan menanam bibit yang berkualitas. Namun saat ini, mencari bibit berkualitas itu cukup sulit, khususnya setelah pemerintah melakukan pembatasan dan pengawasan ketat terhadap impor komoditi hortikultura, termasuk bawang. Begitupun, jika pemerintah bersikeras menggenjot kembali produksi bawang di kawasan itu, pemerintah hendaknya dapat memberikan insentif kepada petani, berupa permodalan, serta penyediaan bibit unggul, baik yang berasal dari Jawa Barat, maupun China. Pemerintah perlu pula mengatur harga pembelian minimum, sehingga produksi bawang merah yang akan dikembangkan, dapat terproteksi dari limpahan produk impor. – Aulia Siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in