Home | Jurnal Medan | BI Diminta Mengkaji Kembali Perluasan LTV Ke Sektor Pertanian

BI Diminta Mengkaji Kembali Perluasan LTV Ke Sektor Pertanian

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Bank Indonesia (BI) mengklaim pemberlakuan kebijakan pengaturan uang muka atau loan to value ratio (LTV) untuk kredit property dan kenderaan, telah berjalan cukup baik. Meski belum sepenuhnya sesuai harapan, namun pemberlakuan kebijakan untuk telah dianggap mampu mengantisipasi kemungkinan buble yang berpotensi terjadi di sektor tersebut.

Kondisi itu pula yang membuat BI berencana memperluas cakupan pengaturan LTV ke sektor lain, seperti sektor pertanian. Sektor ini juga dinilai berpotensi memunculkan buble, akibat dampak dari ketidakpastian ekonomi global. Namun kondisi itu sedikit berbeda dengan yang terjadi di Sumatera Utara.

Deputi Direktur Divisi Ekonomi Moneter BI Wilayah IX Sumut Aceh - Mikael Budisatrio kepada Smart FM, Selasa (2/4/2013) mengatakan, di Sumatera Utara hingga kini belum ada sinyalemen buble kredit untuk sektor pertanian. Meski tumbuh cukup signifikan dalam kurun waktu setahun terakhir, namun rasio kredit macet untuk kredit pertanian masih relatif terjaga. Begitupun menurutnya, BI pusat pasti memiliki latarbelakang penelitian tersendiri, yang mensinyalir adanya kebutuhan buble kredit itu.

Sementara itu pengamat ekonomi politik dari Universitas Sumatera Utara – Rendra Siregar mengatakan pemerintah perlu mengkaji secara menyeluruh sebelum memberlakukan kebijakan LTV ke sektor pertanian. Menurutnya, ditengah upaya sektor pertanian memodrenisasi permodalan lewat perbankan, kebijakan pembatasan pembiayaan itu justru disinyalir dapat membuat sektor pertanian mengalami kemandegan. Padahal saat ini sektor ini menjadi sektor yang didorong pemerintah untuk terus tumbuh secara progresif, seiring ancaman krisis pangan yang bisa melanda indonesia dan seluruh negara di dunia, dalam waktu yang tidak dapat diduga. – Aulia Siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in