Home | Jurnal Medan | 5 Calon Investor Asing, Kabur Akibat Krisis Listrik

5 Calon Investor Asing, Kabur Akibat Krisis Listrik

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara mengaku, krisis listrik berkepanjangan yang terjadi di hampir seluruh wilayah Sumatera Utara, menjadi salah satu faktor pemicu mandegnya investasi ke Sumut. Bahkan ada 5 pengusaha dari Cina, Korea, Taiwan, Malaysia dan Jepang, yang sempat berniat menanamkan investasinya, namun kabur karena tidak adanya jaminan ketersediaan listrik dari pemerintah.

Wakil Ketua Umum Bidang Energi dan Mineral Kadin Sumut, Tohar Soehartono kepada Smart FM, Kamis (28/3/2013) mengatakan, ada banyak kerugian yang harus ditanggung akibat pemadaman listrik.

Proses produksi yang terhambat pada akhirnya mengakibatkan pesanan yang sudah terjalin kontrak menjadi terlambat. Kondisi itu pun sangat merugikan, karena sering kali akhirnya pelaku industri kehilangan kepercayaan dari kolega bisnisnya. Apalagi untuk perusahaan multinasional yang menjadikan kepastian sebagai dasar keputusan untuk berinvestasi. Mereka sering kali lebih baik menarik investasinya sejak awal, daripada harus merugi lebih besar ketika investasi direalisasikan.

Oleh karena itu kalangan pengusaha di Sumut meminta kepada pemerintah segera meningkatakan kuantitas dan kualitas daya listrik di Sumut, khususnya untuk pasokan industri yang terbilang sebagai kegiatan produktif.

Tohar juga mengatakan, untuk persoalan krisis listrik harus segera berakhir, karena kerugian tidak hanya akan dialami kalangan usaha di dalam negeri yang telah membangun usaha, para investor yang inging menanamkan investasinya juga terancam enggan masuk. – Riri Wahyuni (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in