Home | Jurnal Medan | Penyaluran Solar Subsidi Di Sumut Overkuota 4 Persen

Penyaluran Solar Subsidi Di Sumut Overkuota 4 Persen

By
Font size: Decrease font Enlarge font

PT Pertamina (Persero) mengaku penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar bersubsidi di Sumatera Utara, telah melebihi kuota yang ditetapkan pemerintah.Tercatat hingga Maret 2013 jumlah solar bersubsidi yang sudah disalurkan mencapai 227 ribu kiloliter (kl), atau lebih banyak sekira 4 persen dari kuota pemerintah, yang hanya 219 ribu kl.

Asisten Customer Relation PT Pertaminan Regional I Sumatera Bagian Utara, Sonny Mirath kepada Smart FM, Selasa (26/3/2013) mengatakan, cukup tingginya angka kelebihan kuota penyaluran itu, didorong oleh ketidakpatuhan dan kurang kooperatifnya pengusaha di sektor pertambangan, perkebunan dan industri, pada peraturan menteri ESDM nomor 1 tahun 2013, yang melarang kenderaan di ketiga jenis usaha itu, mengisi bahan bakar dengan solar bersubsidi.

Pertamina sendiri menurut Sonny kesulitan untuk melakukan pelarangan pada kenderaan truk milik ketiga jenis kegiatan usaha itu, karena hingga hari ini belum ada stiker yang menjadi acuan bagi SPBU, untuk mengklasifikasikan kenderan penerima subsidi atau tidak. Pihaknya pun hanya dapat menghimbau dan tidak meminta secara tegas pada petugas SPBU untuk membatasi penjualan solar bersubsidi kepada truk pengangkut, karena khawatir petugas SPBU akan mendapatkan intimidasi.

Oleh karena itu Pertamina berharap, para pelaku usaha dapat segera beralih ke solar non subsidi, agar antrian panjang yang saat ini terjadi di sekitar wilayah sentra-sentra perkebunan, pertambangan dan industry dapat dikurangi. Pertamina sendiri sudah memiliki 50 outlet solar non subsidi di sejumlah daerah, yang dapat digunakan kenderaan angkut tiga sektor usaha tersebut, untuk memenuhi kebutuhan BBM nya. – Riri Wahyuni (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in