Home | Jurnal Medan | BMKG : Kita Harus Bisa Diandalkan

BMKG : Kita Harus Bisa Diandalkan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengaku tengah bersiap untuk menjadi sumber informasi terkait iklim dan cuaca yang tercepat dan terpercaya bagi masyarakat. Hal itu sehubungan dengan semakin dinamisnya perubahan iklim dan kondisi cuaca, yang informasinya dibutuhkan masyarakat secara cepat.

Kepala BMKG RI, Sri Woro B Harijono kepada Smart FM, Senin (25/3/2013) mengatakan, BMKG yang merupakan instansi terkait cuaca, iklim di negara yang berada di daerah ekuator, harus bisa diandalkan, dan memiliki kemampuan untuk dapat meningkatkan kepandaian dalam menganalisis fenomena secara lokal, namun tetap pula mewaspadai kondisi yang berlaku secara regional dan global. Apalagi pada periode 2010-2012 lalu, BMKG mencatat adanya adanya peningkatan temperatur global secara signifikan. Dimana kondisi itu disebabkan oleh kenaikan konsentrasi gas rumah kaca yang mencapai 29 persen dan berpengaruh pada ketebalan atmosfir bumi.

Sri Woro juga mengatakan, fenomena cuaca dan iklim sangat dekat dengan kehidupan keseharian masyarakat, dan saling memberikan pengaruh satu sama lain. Ini menyiratkan untuk lebih peduli atau mencermati dampak fenomena cuaca dan iklim terhadap kehidupan manusia dan lingkungan. Khususnya dampak negatif yang ditimbulkan agar dapat melakukan tindakan mitigasi dan adaptasi. Ia mengaku Ada sembilan sektor yang sensitif terhadap iklim, yakni pertanian, perikanan, energi, transportasi, kesehatan, pariwisata, pekerjaan umum (sumber daya air-konstruksi) dan industri. – Riri Wahyuni (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in