Home | Jurnal Medan | Pengusaha Karoseri Nasional Terjepit Produk Impor

Pengusaha Karoseri Nasional Terjepit Produk Impor

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Asosiasi Pengusaha Karoseri Indonesia (Askarindo) mengaku pelaku usaha karoseri di Indonesia, kesulitan berkembang akibat belum adanya kebijakan pemerintah yang pro terhadap pengusaha lokal di bisnis tersebut. Pelaku usaha karoseri diakuinya tumbuh cukup signifikan, namun harus berjibaku untuk bertahan akibat persaingan yang kurang berimbang dengan pabrikasi karoseri asing.

Ketua DPP Askarindo, Jhonny Basuseno kepada Smart FM, Senin (25/3/2013) mengatakan, pengusaha karoser selama ini bisa bertahan akibat memilih untuk menaikkan kualitas produksi. Namun diakui konsumen karoseri berkualitas masih cukup terbatas, dan margin yang mereka dapatkan terbilang lebih kecil. Sementara untuk karoseri yang secara luas digunakan kenderaan di Indonesia, masih cenderung merupakan karoseri impor.

Dipilihnya karoseri impor ini, karena harga jualnya yang lebih murah dibandingkan produksi karoseri dalam negeri, yang terjebak dengan tingginya biaya produksi akibat kondisi infrastruktur serta biaya distribusi logistik yang sangat tinggi. Oleh karena itu pihaknya berharap pemerintah dapat memberikan insentif, berupa pengetatan impor ataupun subsdidi langsung untuk menekan biaya produksi. Karena jika harus menunggu hingga biaya distribusi logistik menurun, ataupun perbaikan infrastruktur, tentunya akan memakan waktu lama, dan anggaran yang besar dari pemerintah.

Untuk diketahui, saat ini sudah ada sekitar 600 industri karoseri di Indonesia. Pada umumnya industry karoseri ini berkembang di 8 daerah saja. Medan sendiri menjadi salah satu daerah yang sangat potensial untuk dikembangkannya industry ini. Karena ketersediaan sumber daya yang cukup dan pasar yang cukup luas. Produksi karoseri dalam negeri sendiri, berdasarkan data Askarindo, hanya 15-17 persen. – Riri Wahyuni (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in