Home | Jurnal Medan | Ekspor Produk Pertanian Sumut Naik Tipis

Ekspor Produk Pertanian Sumut Naik Tipis

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut, mencatatkan pertumbuhan pada realisasi ekspor komoditi pertanian asal Sumut. Meski hanya naik tipis, namun kenaikan ini cukup menggemberikan, karena terjadi di tengah tingginya angka impor komoditi pertanian asing yang masuk ke Sumut.

Kepala Seksi Ekspor Hasil Pertanian dan Pertambangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Utara, Fitra Kurnia mengatakan, pada Februari 2013 lalu, rata-rata nilai ekspor produk pertanian Sumut ke sejumlah negara tujuan utama, mengalami kenaikan sekitar 2,89 persen menjadi USD778,74 juta, dengan volume ekspor sebanyak 855,14 ribu ton.

Namun kepada Smart FM, Jumat (22/3/2013) Fitra mengatakan, peningkatan kinerja tersebut belum cukup maksimal. Karena peningkatan masih diwarnai dengan penurunan harga. Karena apabila dilihat secara volume, pertumbuhan realisasi ekspor ini jauh lebih besar dari pertumbuhan nilainya. Yakni mencapai 17,22 persen.

Fitra menjelaskan, adapun komoditi yang mengalami kenaikan di 2013 ini, yakni komoditi biji coklat, rempah-rempah, kacang tanah, cabai kering, kubis, ubi manis, dan sejumlah komoditi lainnya. Ia juga mengatakan, pada 2013 ini diharapkan ada perbaikan dibanding 2012 yang memang pada saat itu mengalami penurunan yang sangat memprihatinkan. Di mana realisasi ekspor hingga September 2012 mengalami penurunan 12,5 persen akibat dampak dari krisis ekonomi global yang melanda negara Amerika dan Uni Eropa. – Riri Wahyuni (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in