Home | Jurnal Medan | Wali Kota Medan Akan Bangun Situs Kota Cina

Wali Kota Medan Akan Bangun Situs Kota Cina

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Walikota Medan Rahudman Harahap, berencana menjadikan kawasan chandi Shiwa di Desa Kotabangun, Kecamatan Medan Marelan, sebagai situs cagar budaya baru di Medan. Situs yang dipercaya telah ada sejak abad ke 12 masehi, dan pertama kali ditemukan oleh arkeolog Perancis, Dr. Mackinon, itu rencananya akan dinamai sebagai situs Kota Cina.

Walikota Medan Rahudman Harahap kepada Smart FM, Rabu (20/3/2013) mengatakan, pihaknya tengah bekerjasama dengan sejumlah ahli sejarah, peneliti Kota Medan dan juga beberapa universitas, untuk melanjutkan penelitian terkait peradaban yang ada di situs tersebut. Namun, penemuan sejumlah barang peninggalan kerajaan Cina berupa candi, piring, uang lama dan beberapa lainnya, dinilai telah cukup kuat untuk mengklaim bahwa di kawasan itu, pernah ada peradaban besar asal negeri Tirai Bambu.

Dalam kerangka persiapan situs cagar budaya Kota Cina itu, pemerintah kota diakui Rahudman akan menghentikan seluruh izin pendirian bangunan di lokasi tersebut. Sehingga pada peneliti nantinya dapat bekerja lebih mudah untuk mengumpulkan fakta-fakta dan data-data arkeologi disana.

Namun Rahudman juga berjanji, jika aktifitas para arkeolog ini tidak akan mengganggu kehidupan masyarakat yang saat ini bermukim di daerah itu. Walikota pun menjamin tidak aka nada pemindahan paksa, jikapun pelaksanaan pembangunan situs itu nantinya dilakukan.- Riri Wahyuni (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in