Home | Jurnal Medan | PDAM Tirtanadi Targetkan 30 Ribu Pelanggan Air Limbah Di 2015

PDAM Tirtanadi Targetkan 30 Ribu Pelanggan Air Limbah Di 2015

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Sumatera Utara, menargetkan penambahan jumlah pelanggan layanan air limbah menjadi 30 ribu pelanggan hingga 2015 mendatang. Saat ini diakui pertambahan jumlah pelanggan air limbat ini masih lebih kecil dibandingkan penambahan pelanggan air bersih, karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengelola limbahnya secara baik, maupun karena minimnya infrastruktur pengelolaan limbah

Direktur Operasional dan Perencanaan PDAM Sumut, Tamsil Lubis kepada Smart FM, Rabu (20/3/2013) mengatakan, saat ini jumlah pelanggan air limbah di Sumatera Utara, baru sekitar 15 ribu pelanggan.

Oleh karena itu PDAM Tirtanadi berencana akan menjadikan hari-hari ke depan, sebagai hari-hari sosialisasi dan hari-hari untuk menyiapkan jaringan pipa air limbah baru. Sehingga ke depan masyarakat akan semakin sadar akan pentingnya pengelolaan limbah, serta dapat secara langsung membuang limbahnya ke jaringan pipa yang sudah disediakan PDAM. Kerjasama dengan instansi swasta untuk melakukan promosi dan membangun jaringan pipa itu pun diakui akan dibuka, sehingga upaya pemantaban layanan air limbah ini menjadi semakin maksimal.

Tamsil juga mengatakan, pemanfaatan saluran air limbah (SAL) dirancang untuk menjalankan beberapa fungsi dasar dengan menyalurkan air limbah rumah tangga baik dari WC maupun dari dapur ke saluran besar sebelum dibawa ke pengolahan air limbah PDAM Tirtanadi. SAL ini dirancang untuk limbah air, bukan limbah padat. Sehingga diperlukan membangun berbagai infrastruktur pengelolaan air limbah perkotaan demi kesehatan dan kesejahteraan masyarakatnya. – Riri Wahyuni (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in