Home | Jurnal Medan | Kinerja Perbankan di Sumatera Utara Melambat

Kinerja Perbankan di Sumatera Utara Melambat

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Bank Indonesia (BI) mencatat terjadinya perlambatan pada kinerja perbankan di Sumatera Utara. Perlambatan ini disinyalir terjadi akibat kinerja penyaluran kredit dan pengumpulan dana pihak ketiga perbankan, yang mengalami penurunan. Ironisnya, perlambatan ini terjadi justru ditengah pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara yang masih cukup optimis.

Deputi Direktur Divisi Ekonomi Moneter Bank Indonesia Kantor Wilayah IX Sumut-Aceh, Mikael Budisatrio kepada Smart FM, Jumat (15/3/2013) mengatakan, secara umum, kinerja perbankan di Sumut hingga Januari 2013 mengalami penurunan, kendati pertumbuhan ekonomi diproyeksikan mengalami pertumbuhan 0,1 persen. Tercatat hingga Januari 2013, total Aset perbankan hanya sebesar Rp.181,78 triliun, atau turun 2,08 persen dibanding bulan sebelumnya.

Tren penurunan itu sendiri dipengaruhi oleh penghimpunan dana pihak dan penyaluran kredit perbankan yang juga menurun. Namun Mikael optimis, penurunan aktifitas perbankan tersebut diperkirakan tidak akan berlangsung lama. Karena biasanya memasuki akhir triwulan pertama setiap tahunnya, kinerja perbankan akan terkoreksi dengan sendirinya. Optimisme itu pun didukung oleh data perekonomian Sumut yang masih cukup optimis, di tengah tekanana sejumlah indikator fundamental perekonomian nasional dan regional. – Riri Wahyuni (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in