Home | Jurnal Medan | Panwaslu Temukan Surat Suara Tercoblos

Panwaslu Temukan Surat Suara Tercoblos

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sumatera Utara menemukan surat suara dengan kondisi tercoblos di berkas surat suara untuk wilayah pemilihan Kabupaten Langkat. Panwaslu sendiri kini tengah mendalami temuan tersebut, untuk memastikan kertas suara yang tercoblos, bukan merupakan kesalahan yang disengaja.

Humas Panwaslu Sumut, Fakhrudin Pohan kepada Smart FM, Senin (25/2/2013) mengatakan, temuan kertas suara tercoblos ini merupakan temuan pertama pihaknya. Oleh karena itu, pihaknya merasa perlu mendalami temuan ini secara menyeluruh, untuk memastikan keberadaan surat suara serupa tidak terjadi secara sistemik, akibat kesalahan percepatan. Pihaknya pun mengaku tengah berkordinasi dengan KPUD kabupaten/kota lainnya di Sumut, untuk memastikan kasus serupa tak terjadi di daerah lain.

Fakhrudin menegaskan, tindak lanjut terhadap temuan ini akan dijadikan laporan resmi Panwaslu, meskipun baru 1 kertas suara yang ditemukan. Pasalnya temuan ini bisa menjadi preseden buruk jika dilakukan pembiaran. Jika nantinya hasil investigasi Panwaslu memperlihatkan adanya kejanggalan yang disengaja, maka temuan ini akan dilanjutkan ke ranah hukum, sesuai ketentuan yang ada.

Menanggapi temuan tersebut, Komisioner Divisi Anggaran dan Logistik KPU Sumut, Nurlela Djohan, mengaku belum menerima laporan temuan Panwaslu dari KPUD Kabupaten Langkat. Namun ia mengaku, cukup banyak laporan surat suara rusak dari berbagai KPUD Kabupaten/Kota. Langkat pun menjadi daerah yang paling banyak mendapatkan surat suara rusak.

Untuk itu pihaknya tengah melakukan rekapitulasi, sebagai bahan untuk menindaklanjuti penggantian surat suara tersebut. Dipastikan, sehari sebelum pencoblosan, seluruh surat suara pengganti telah sampai di TPS. Termasuk untuk daerah-daerah yang terbilang jauh dengan akses jalan darat yang sulit. Dimana KPUD akan menggunakan bantuan pesawat udara, untuk mempercepat pengiriman.- Aulia Siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in