Home | Jurnal Medan | Chairuman Janji Tangani Langsung Konflik Agraria

Chairuman Janji Tangani Langsung Konflik Agraria

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Calon Gubernur Sumatera Utara Nomor Urut 3, Chairuman Harahap berjanji, akan secara langsung ikut andil dalam penyelesaian konflik pertanahan (agraria) di Sumatera Utara, jika terpilih sebagai Gubernur Sumut Periode 2013-2018, pada pemilihan Gubernur Sumatera Utara, 7 Maret mendatang.

Chairuman kepada Smart FM, Senin (25/2/2013) mengatakan, selama ini penanganan konflik agraria di Sumut cenderung jauh dari penyelesaian. Hal itu dikarenakan sikap pemerintah daerah yang cenderung mengedepankan aspek struktural dalam melihat persoalan pertanahan yang timbul di masyarakat. Ironisnya, pemerintah daerah seringkali justru mengambil langkah instan, dengan menghadapkan masyarakat dengan penegakkan hukum. Padahal sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, Gubernur memiliki peran strategis untuk menyelesaikan setiap konflik tanah yang ada di masyarakat.

Menurut Politisi Partai Golkar itu, Gubernur Sumatera Utara ke depan harus mampu merangkul masyarakat yang berkonflik, dengan menggunakan fungsi-fungsi dialog yang dimiliki pemerintah. Sehingga penyelesaian kasus konflik pertanahan, tidak selalu berujung pada konflik horizontal yang membuat korban jiwa terus berjatuhan. Chairuman menegaskan, dibutuhkan karakter pemimpin yang tegas sekaligus memiliki komitmen untuk terus melayani rakyat dalam menyelesaikan kasus-kasus konflik agraria. Karena tanpa kedua sikap itu, kasus-kasus agraria yang selama ini mencuat, maupun yang masih teredam suatu saat akan meledak seiring terus terjadinya gesekan antar masyarakat.

Berdasarkan catatan Polda Sumatera Utara sendiri, sejak 2005-2011 terdapat 2345 kasus sengketa agraria di Sumatera Utara. Dimana sebagian besar kasus konflik pertanahan itu sejatinya melibatkan badan usaha pemerintah, yang harusnya mampu diselesaikan lewat jalur dialog. - Aulia Siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in