Home | Jurnal Medan | Bulog Bantah Sebarkan Beras Kualitas Rendah

Bulog Bantah Sebarkan Beras Kualitas Rendah

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Sumatera Utara membantah tudingan yang menyebutkan Bulog telah pendistribusikan beras berkualitas rendah kepada masyarakat. Bantahan tersebut disampaikan Bulog dalam menanggapi temuan adanya beras mengandung kutu (guram) yang ditemukan di sejumlah daerah di Sumut.

Humas Bulog Sumut, Rudi Adlan Damanik kepada Smart FM (5/2/2013) mengatakan, kualitas beras yang didistribusikan Bulog pada masyarakat, telah memenuhi standar keamanan pangan yang ditetapkan pemerintah. Jika ditemukan adanya beras yang mengandung guram, beras tersebut diakui masih layak konsumsi. Hanya saja masyarakat diminta untuk terlebih dahulu memisahkan antara guram dan beras sebelum dikonsumsi. Begitupun jika sempat terkonsumsi, guram yang terdapat dalam beras dipastikan tidak memberikan efek samping pada kesehatan masyarakat.

Rudi Adlan mengaku, keberadaan guram tersebut dilatarbelakangi keterlambatan pengiriman beras akibat cuaca buruk yang terjadi di perairan Indonesia beberapa waktu terakhir. Akibat terlalu lama di kapal dengan kondisi yang cukup lembab, membuat telur-telut guram menetas, dan bercampur dengan beras-beras yang ada.

Bulog telah berupaya melakukan fumigasi dan pengasapan untuk mengurangi jumlah guram yang terdapat pada beras kiriman tersebut. Namun harus diakui, jika upaya tersebut tidak serta-merta menghilangkan semua guram. Bahan yang digunakan untuk fumigasi dan pengasapan pun diakui tidak akan menurunkan kualitas beras yang disalurkan, apalagi sampai menyebabkan beras yang disalurkan tak layak konsumsi. - Muhammad Rizki (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in