Home | Jurnal Medan | Kekayaan Djumiran Abdi Hanya Rp.615 Juta

Kekayaan Djumiran Abdi Hanya Rp.615 Juta

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kembali melanjutkan proses verifikasi laporan harta kekayaan terhadap Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, yang akan bertarung pada pemilihan gubernur 7 maret mendatang. Hari ini Selasa (29/1/2013), giliran laporan harta kekayaan Calon Wakil Gubernur Nomor Urut 5 Djumiran Abdi, yang diverifikasi KPK.

Direktur Pendaftaran dan Pemeriksaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK, Cahya Hardianto Harefa kepada Smart FM, Selasa (29/1/2013) mengatakan , dari hasil verifikasi kekayaan yang dilakukan, terdapat perbedaan yang cukup mencolok pada daftar kekayaan Djumiran. Jika pada umumnya para calon lupa atau menyembunyikan harta kekayaannya, Djumiran melaporkan kekayaan yang melebihi dari yang ia miliki.

Djumiran pada awalnya melaporkan total kekayaan yang menjadi miliknya mencapai nilai Rp. 672 juta, namun dari hasil verifikasi aktual, harta kekayaan Djumiran, baik harta bergerak maupun yang tidak bergerak hanya mencapai Rp.615 juta. Perbedaan tersebut dikarenakan adanya penyusutan kekayaan saat Djumiran menyampaikan laporan kekayaannya dua bulan lalu, dengan kondisi saat ini. Karena dari laporan yang tercatat ada sejumlah item kekayaan yang sudah dijual, dengan nominal mencapai Rp.55,6 juta.

Adapun harta kekayaan Djumiran yang mencapai Rp. 615 juta itu yakni, sebidang tanah dengan luas hampir 700 meter persegi, satu unit mobil tua bermerek Mercedes dan 1 unit sepeda motor matik. Selain itu masih ada pula logam mulia senilai Rp.18 juta serta tabungan, uang tunai, deposito, giro dan setara kas senilai Rp.35 juta. Sementara harta bergerak lainnya yang meliputi perabotan rumah tangga, mencapai Rp.20 juta.

Meski telah purnatugas sebagai birokrat, Djumiran juga masih memiliki pemasukan senilai Rp.3 juta perbulan dari kegiatan fungsionalnya, serta Rp.10 juta dari pengembangan harta kekayaannya.- Muhammad Rizki (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in