Home | Jurnal Medan | 10 Armada Transmedan Beroperasi Tahun Ini

10 Armada Transmedan Beroperasi Tahun Ini

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah Kota Medan, bersikeras akan mengoperasikan TransMedan mulai tahun ini. Di tahap pertama, 10 armada bus TransMedan akan segera dioperasikan, begitu sarana dan prasarana pendukung angkutan massal itu rampung.

Kepala Dinas Perhubungan Medan, Renward Parapat kepada Smart FM (22/1/2013) mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan infrastruktur pendukung operasional TransMedan. Seperti armada, halte serta pusat kontrol yang terkomputerisasi. Untuk penyiapan infrastruktur itu, pihaknya telah menganggarkan dana senilai miliaran rupiah, yang ditampung dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Medan tahun 2013.

Renward menambahkan, operasional TransMedan ini nantinya diharapkan dapat menjadi solusi untuk meretas kemacetan khususnya di wilayah inti kota, yang belakangan ini meningkat dengan intensitas yang cukup tinggi. Namun ia sadar kondisi itu baru akan terwujud, jika diikuti oleh partisipasi masyarakat untuk secara sukarela beralih ke angkutan TransMedan ini.

Pemerintah Kota Medan boleh saja tetap bersikeras dengan proyek TransMedan. Namun proyek ini sejatinya mendapat begitu banyak kritik dari masyarakat lalu lintas di Medan, karena dianggap akan kurang efektif. Rencana pemerintah meretas kemacetan serta mengendalikan pencemaran udara lewat TransMedan, belum disertai dengan penyediaan jalur khusus, pelebaran badan jalan, hingga penertiban sejumlah angkutan liar dan tingginya angka pengguna sepeda motor. - Muhammad Rizki (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in