Home | Jurnal Medan | Medan Segera Miliki Dua Pasar Induk Hortikultura

Medan Segera Miliki Dua Pasar Induk Hortikultura

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah Kota Medan mengklaim pembangunan pasar induk hortikultura pertama yang berlokasi di Kecamatan Medan Tuntungan telah memasuki tahap finalisasi. Pasar induk itu pun akan segera dapat dioperasikan, setelah proses pelebaran jalan masuk, serta fasilitas penerangan jalan dirampungkan di awal tahun ini.

Disamping pasar induk hortikultura Tuntungan, Pemko Medan juga tengah berencana membangun Pasar Induk Mini khusus produk hortikultura, di Kawasan Marelan. Diharapkan dengan operasional kedua pasar induk tersebut, seluruh wilayah Medan dapat menikmati dampak positif pasar induk tersebut.

Walikota Medan Rahudman Harahap saat meninjau langsung kondisi Pasar Marelan, Selasa (8/1/2013) mengatakan, operasional kedua pasar induk itu diharapkan dapat memotong panjangnya jalur distribusi, yang membuat biaya logistik selama ini begitu tinggi. Dengan dipotongnya jalur tersebut, warga kota dapat menikmati harga komoditi hortikultura yang lebih murah, dan pergerakan sektor riil di sekitar wilayah pasar induk dapat bergerak lebih cepat.

Ditempatkannya dua pasar induk di Tuntungan yang merupakan wilayah Selatan Medan, dan Marelan yang berada di wilayah utara, diharapkan dapat menjangkau seluruh warga kota. Apalagi keduanya merupakan wilayah yang selama ini terbilang kurang bergerak dari sisi perekonomian. Khusus untuk pasar Marelan, Rahudman menegaskan saat ini tengah dalam tahap pematangan perencanaan. Lokasi pasar yang awalnya merupakan aset swasta, 90 persennya kini juga telah dibebaskan.

Pemko Medan bersama pihak ketiga pun kini tengah menyiapkan kawasan penampungan sementara bagi para pedagang. Sehingga jika proses pembangunan pasar induk mini mulai dilakukan, para pedagang tetap dapat berjualan. - Aulia Siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in