Home | Jurnal Medan | Ekspor Produk Pertanian Sumut Anjlok

Ekspor Produk Pertanian Sumut Anjlok

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara, mencatat penurunan secara cukup signfikan pada kinerja ekspor produk pertanian Sumatera Utara. Tercatat hingga November 2012, realisasinya hanya senilai USD2,54 miliar, turun 31,01 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yang mencapai USD3,68 miliar.

Kepala BPS Sumut Suharno kepada Smart FM di Medan, Selasa (8/1/2013) mengatakan, penurunan realisasi ekspor terbesar untuk komoditi pertanian ini disumbangkan oleh komoditi karet yang mengalami penurunan hingga USD1,09 miliar. Disamping itu, komoditi lemak dan minyak hewan/nabati, juga mengalami penurunan cukup besar, hingga USD284,03 juta. Begitupula dengan komoditi pertanian unggulan sumut lainnya, seperti Kopi dan Kakao.

Menurut Suharno, penurunan realisasi ekspor produk pertanian ini, merupakan dampak dari lambatnya pemulihan krisis ekonomi di Eropa dan Amerika. Dimana krisis yang terjadi membuat sejumlah industri pengolahan memangkas produksi, dan berdampak pada kebutuhan pasokan bahan baku, yang disumbang dari negara-negara penghasil komoditi seperti Indonesia. Secara nilai, pelemahan nilai tukar rupiah pun, sedikit banyak ikut ambil peran dalam penurunan ekspor komoditi pertanian ini.

Berdasarkan tujuan ekspor, Suharno mengaku komoditi pertanian Sumut paling banyak di ekspor ke negara-negara Asia diluar ASEAN, seperti China, Jepang dan India. Hingga November 2012 lalu, realisasi ekspor untuk wilayah Asia di luar ASEAN telah mencapai USD3,9 miliar. Sementara untuk ekspor ke negara-negara ASEAN, nilainya hanya sekitar USD1,12 miliar. Disamping itu Sumatera Utara juga mengekspor komoditi pertanian ke sejumlah negara tujuan ekspor utama lainnya, dengan nilai mencapai USD1,79 juta. - Riri Wahyuni (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in