Home | Jurnal Medan | PDAM Tirtanadi Tambah 17 Ribu Pelanggan Baru Di 2013

PDAM Tirtanadi Tambah 17 Ribu Pelanggan Baru Di 2013

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Sumatera Utara, berencana menambah 17 ribu lebih sambungan pelanggan baru, yang disebar di Medan, dan sejumlah wilayah lainnya di Sumatera Utara. Penambahan jumlah pemasangan baru itu, meningkat cukup signifikan jika dibandingkan target pemasangan sambungan baru di 2012 lalu.

Kepala Divisi Humas PDAM Tirtanadi Amrun kepada Smart FM di Medan, Selasa (8/1/2013) menyebutkan, penambahan 17 ribu sambungan baru itu, diharapkan dapat semakin memperluas wilayah pelayanan PDAM, setelah di 2012 lalu sebanyak 450 ribu pelanggan di seluruh wilayah di Sumut telah terlayani. Jumlah itu masih ditambah lagi dengan penyediaan air bersih secara komunal, yang disediakan PDAM Tirtanadi maupun PDAM lainnya di Kabupaten/Kota.

Amrun menuturkan, untuk melayani 450 ribu pelanggan sambungan lama, termasuk 13 ribu yang telah terealisasi di 2012 lalu, PDAM Tirtanadi kini memiliki kapasitas produksi air sebesar 6 ribu liter perdetik, dan terus akan ditambah seiring terjalinnya kerjasama antara PDAM Tirtanadi dengan sejumlah pihak ketiga. Pasokan air bersih untuk 17 ribu pelanggan sambungan baru itu pun diperkirakan masih akan cukup memadai, selama proses produksi air minum dapat berjalan maksimal.

PDAM Tirtanadi saat ini membagi wilayah pelayanannya dan sumber air bakunya, pada 2 zona. Zona pertama meliputi wilayah Medan, Sunggal, Deli Tua, Sibolangit, Limau Manis, Hamparan Perak, Lau Melas dan sejumlah sumber air sumur bor di beberapa wilayah di Medan dan Deli Serdang. Zona pertama ini merupakan wilayah pelayanan yang ditangani langsung oleh PDAM. Sementara Zona kedua yang meliputi Sei Ular Serdang Bedagai, Toba Samosir, Tapanuli Selatan, Samosir, Tapanuli Tengah dan Nias. Zona ini merupakan wilayah pelayanan tak langsung, karena bekerjasama dengan perusahaan air minum di tiap-tiap daerah.

Pelayanan air bersih di Sumatera Utara sendiri juga dilayani beberapa PDAM Kabupaten/Kota yang telah memisahkan diri dari PDAM Tirtanadi, karena telah mampu mengelola sumber air baku, maupun distribusi air minum ke masyarakat. - Muhammad Rizki (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in