Home | Jurnal Medan | Temuan Upal di Medan Capai Rp.76 Juta

Temuan Upal di Medan Capai Rp.76 Juta

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Bank Indonesia (BI) Wilayah IX Sumut Aceh hingga November 2012, telah menemukan sekitar 1681 lembar uang palsu (upal)berbagai pecahan, yang terjaring pada transaksi sejumlah perbankan di Medan. Total nilau upal yang ditemukan hingga November ini telah mencapai Rp.76 juta, dan membentuk tren peningkatan dibandingkan November tahun lalu.

Deputi Direktur Divisi Sistem Pembayaran BI Wilayah IX Sumut Aceh Kahfi Zulkarnaen kepada Smart FM, Selasa (11/12/2012) mengatakan, penemuan upal dengan jumlah yang relatif besar ini harus diwaspadai oleh masyarakat. Karena semakin dinamisnya kegiatan perekonomian, maka semakin besar pula ruang peredaran uang palsu.

Kahfi menyebutkan, jumlah upal yang beredar di masyarakat tentunya jauh lebih besar dibandingkan yang telah terjaring di perbankan. Sehingga prinsip dilihat, diraba dan diterawang (3D) harus dimaksimalkan oleh masyarakat, setiap kali bertransaksi menggunakan uang tunai. Dari jenis pecahannya menurut Kahfi, pecahan Rp.50 ribu masih menjadi pecahan yang paling banyak dipalsukan.

Tercatat hingga November 2012, jumlahnya telah mencapai Rp.56 juta. Pecahan selanjutnya yang paling banyak dipalsukan yakni pecahan Rp.100 ribu dengan nominal mencapai Rp.4,7 juta dan sisanya secara berurut pecahan Rp.20 ribu, Rp.10 ribu dan Rp.5 ribu. Guna semakin mempersempit ruang gerak peredaran uang palsu ini, selain prinsip 3D, Kahfi juga mengajak masyarakat untuk ikut serta menggunakan alat pembayaran menggunakan kartu (APMK) yang kini telah dikembangkan secara serius oleh sejumlah perbankan. Masyarakat pun diminta melaporkan setiap uang palsu temuannya, baik ke BI maupun langusng ke Kepolisian, untuk ditindaklanjuti.

BI sendiri tidak akan menggantikan upal yang terlanjut diterima masyarakat, namun pelaporan yang dilakukan akan sangat membantu meretas jaringan peredaran uang palsu yang telah semakin terstruktur.- Riri Wahyuni (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in