Home | Jurnal Medan | Jelang Natal dan Tahun Baru, BI Medan Sediakan Rp.93 Miliar Uang Tunai

Jelang Natal dan Tahun Baru, BI Medan Sediakan Rp.93 Miliar Uang Tunai

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Bank Indonesia (BI) Wilayah IX Sumatera Utara dan Aceh mengaku telah menyiapkan uang tunai pecahan besar dan kecil senilai Rp.93 miliar rupiah, untuk memenuhi kebutuhan uang di masyarakat selama perayaan Natal 2012 dan Tahun Baru 2013 mendatang. Jumlah uang yang disiapkan itu meningkat sekitar 10 presen dibandingkan rata-rata transaksi penarikan harian perbankan di Sumut.

Deputi Direktur Bidang Sistem Pembayaran BI Wilayah IX Sumut Aceh, Kahfi Zulkarnaen kepada Smart FM, Selasa (11/12/2012) mengatakan, meski meningkat sekitar 10 persen dari rata-rata harian, namun peningkatan yang terjadi di Natal dan Tahun Baru mendatang, masih lebih rendah sekira 20 persen dari kebutuhan uang tunai pada Idul Fitri lalu.

Kahfi memaparkan, dari total Rp.93 miliar itu, pecahan Rp.50 ribu menjadi pecahan terbanyak yang diminta perbankan. Jumlahnya mencapai Rp.18,6 miliar, atau 20 persen dari total seluruh uang tunai yang diminta perbankan. Sementara itu pecahan uang dengan permintaan terbanyak selanjutnya yakni pecahan Rp.5 ribu dan Rp.100 ribu. Pelayanan penukaran uang untuk kebutuhan Natal dan Tahun baru ini, BI diakui Kahfi tidak menyiapkan loket penukaran khusus, selayaknya yang terjadi pada Idul Fitri.

Penukaran hanya bisa dilakukan di loket yang disediakan Bank Indonesia di Kantor BI Medan, serta loket-loket perbankan umum di hari kerja. Sedangkan khusus untuk pecahan besar, layanan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) seluruh perbankan akan disiagakan 24 jam penuh, dengan pasokan uang tunai yang terus dipantau. Sehingga dapat melayani masyarakat, bahkan hingga ke kawasan pinggiran kota. – Riri Wahyuni (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in