Home | Jurnal Medan | Polisi Tercatat Sebagai Pelanggar HAM Terberat di Medan

Polisi Tercatat Sebagai Pelanggar HAM Terberat di Medan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan, kembali menempatkan Kepolisian sebagai institusi negara yang paling banyak melakukan tindakan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Medan. Hal itu didorong oleh dominasi laporan kasus pelanggaran HAM ke LBH selama 2012, yang diduga dilakukan aparat kepolisian.

Direktur LBH Medan Surya Adinata kepada Smart FM, Selasa (11/12/2012) mengungkapkan, Hingga November 2012, laporan kasus pelanggaran HAM yang masuk ke LBH Medan mencapai 48 kasus. Dimana sekira 37 kasus diantaranya melibatkan Institusi Kepolisian, 9 kasus melibatkan TNI dan 2 kasus melibatkan Polisi Pamong Praja. Ia juga menyebutkan, disamping kasus pelanggaran HAM itu, masih ada sekitar 56 kasus kekerasan menggunakan senjata api, yang patut diduga dilakuakan aparat negara termasuk oknum polisi.

Korban terhadap kekerasan menggunakan senjata api itu pun terbilang cukup banyak, mencapai 60 orang. Untuk jenis kasus, Surya Dinata mengaku kasus penyerobotan lahan yang dibeking oknum Polisi menjadi salah satu yang paling besar dibandingkan kasus lainnya. Sementara untuk kerugian, berdasarkan perhitungan pihaknya, kasus pelanggaran HAM yang terjadi Medan telah menyebabkan kerugian senilai Rp.1,5 miliar rupiah di masyarakat.

Dalam upaya penyelesaian kasus pelanggaran HAM yang terjadi selama 2012 ini, hampir seluruh kasus pelanggaran HAM telah diadvokasi hingga ke tingkat penuntutan, namun lagi-lagi aparat pemerintah di Kejaksaan seolah memperlambat penyelesaiannya. Kasus yang diadvokasi pun tak jarang hanya menjadi kumpulan berkas yang berserakan di Kantor Kejaksaan Daerah. Mendorong perwujudan masyarakat yang tertib dan taat hukum boleh jadi merupakan kewenangan besar yang diberikan pada aparat pemerintah. Namun bukan berarti aparat negara boleh mengenyampingkan hak-hak sipil warga negara yang dijamin lewat Undang-Undang dan konvenan internasional. – Muhammad Rizki (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in