Home | Jurnal Medan | Penyaluran Kredit UMKM Sumut Rp.29,69 Triliun

Penyaluran Kredit UMKM Sumut Rp.29,69 Triliun

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Bank Indonesia mencatat realiasi penyaluran kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumatera Utara, telah mencapai angka Rp.29,69 triliun rupiah. Jumlah tersebut merupakan 23,99 persen dari total seluruh produk kredit perbankan di Sumut.

Pimpinan BI Wilayah IX Sumut Aceh Nasser Atorf kepada Smart FM, Senin (10/12/2012) mengatakan, total penyaluran kredit UMKM itu belum maksimal, dan masih akan terus digenjot hingga akhir Desember mendatang. Menurutnya angka 30 persen dari total penyaluran kredit perbankan merupakan capaian yang dapat diraih dengan sejumlah strategi yang telah disiapkan.

Nasser menyebutkan, saat ini pihaknya terus menggenjot agar pelaku UMKM mampu meningkatkan kualitas bankabilitynya melalui berbagai bentuk skim kredit khusus bagi UMKM. Disamping itu, jika mekanisme penjaminan kredit dari perusahaan penjamin kredit daerah serta sistem resi gudang dapat segera direalisasikan, target penyaluran kredit pada UMKM dapat jauh lebih besar lagi.

Nasser sendiri berpendapat, keberlangsungan pertumbuhan sektor riil dan UMKM ini sangat penting untuk menjaga stabilitas makroekonomi di Sumut. Karena faktanya sebagian besar masyarakat Sumut berusaha di sektor tersebut. BI sendiri selaku pengawal kebijakan moneter mengklaim telah berkomitmen untuk terus memberikan pelatihan, pendampingan serta fasilitas permodalan untuk meningkatkan aksebilitas UMKM pada sektor pembiayaan. Salah satunya dengan mendorong Pemerintah Propinsi untuk membentuk Perusahaan Penjamin Kredit Daerah. - Riri Wahyuni (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in