Home | Jurnal Medan | Angka Penyalahgunaan Narkoba di Medan Diklaim Turun

Angka Penyalahgunaan Narkoba di Medan Diklaim Turun

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Polresta Medan mengklaim terjadinya penurunan angka kasus peredaran narkoba di Medan. Tercatat hingga November 2012, kasus narkoba yang sudah ditangani Polresta Medan mencapai 370-an kasus. Lebih rendah dibandingkan November 2011 yang mencapai 500-an kasus.

Kepala Satuan Narkoba Polresta Medan Donny Alexander kepada Smart FM Senin (10/12/2012) mengatakan, penurunan jumlah temuan kasus narkoba ini disinyalir terjadi karena masyarakat semakin sadar akan dampak negatif narkoba. Karena dari sisi upaya, sejatinya telah dilakukan operasi secara berkala dan berkelanjutan. Baik operasi yang bersifat terbuka melalui razia, maupun melalui operasi tertutup.

Donny juga menyebutkan, penurunan jumlah temuan kasus ini belum membuat pihaknya puas. Pihaknya sadar ancaman narkoba setiap saat bisa kembali membesar jika pengawasan dilonggarkan. Apalagi jumlah temuan kasus narkoba ini, belum diikuti dengan penurunan jumlah barang bukti yang ditemukan. Ditambah lagi, secara kualitas konsumsi narkoba yang ditemukan dimasyarakat mengalami peningkatan kualitas. Penurunan jumlah temuan kasus ini didorong oleh menurunnya jumlah temuan kasus untuk golongan narkoba jenis ganja dan ekstasi, namun mengalami peningkatan dari golongan sabu-sabu.

Tercatat hingga November 2012 jumlah barang bukti sabu-sabu yang tertangkap mencapai 4 kilogram, sementara di periode yang sama tahun lalu hanya sekitar 3 kilogram. Donny menegaskan, seluruh tersangka yang tertangkap oleh Polresta Medan dituntut sesuai dengan undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang penyalahgunaan narkoba, dengan tuntutan maksimal 10 tahun penjara dan denda sebesar Rp.5 miliar. – Muhammad Rizki (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in