Home | Jurnal Medan | Perbukitan Di Medan Rawan Longsor

Perbukitan Di Medan Rawan Longsor

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menilai kondisi cuaca di Medan dan Sumatera Utara dalam sepekan terakhir, relatif lebih baik dibandingkan beberapa pekan sebelumnya. Namun kondisi itu belum membuat Sumatera Utara, khususnya Medan terbebas dari bencana yang mungkin timbul akibat perubahan cuaca tersebut.

Berdasarkan pengamatan BMKG, tingginya curah hujan pada beberapa pekan lalu telah membuat kondisi tanah mencapai titik jenuh, dan telah menurunkan kemampuan tanah menyerap air. Kondisi ini dinilai cukup mengkhawatirkan, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di wilayah dengan kontur lembar, maupun di daerah aliran sungai (DAS).

Staf Bidang Pelayanan dan Jasa BMKG Wilayah I Medan Nora Valencia Sinaga mengatakan, kondisi tanah yang jenuh ini membuat perbukitan di Wilayah Sumatera Utara, khususnya di dataran tinggi menjadi sangat liat dan berpotensi longsor. Sementara bagi kawasan DAS hingga ke hilir, kejenuhan tanah ini membuat penyerapan air yang turun dari perbukitan tak tertahan sempurna, dan berpotensi memunculkan luapan sungai serta banjir di dataran rendah. Sementara itu khusus di Pantai Timur yang tingkat kejenuhan tanahnya terbilang cukup tinggi, menurut Nora masih akan diwarnai gangguan cuaca yang cukup serius. Karena disamping intensitas hujan yang cukup tinggi, di wilayah ini juga terjadi penumpukan angin.

BMKG pun meminta masyarakat yang berada di sekitar perbukitan untuk mewaspadai pergerakan tanah dan gempa-gempa kecil yang terjadi dan siap untuk mencari wilayah terbuka untuk mengantisipasi bahaya longsor. Sementara yang berada di pinggiran sungai diminta untuk secara berkala memeriksa ketinggian air, untuk mengantisipasi terjadinya banjir bandang.

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in