Home | Jurnal Medan | Imigrasi Medan Kewalahan Penuhi Kebutuhan Imigran

Imigrasi Medan Kewalahan Penuhi Kebutuhan Imigran

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Kantor Imigrasi Medan mengaku kewalahan memenuhi kebutuhan imigran yang tertampung di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Medan. Jumlah imigran yang saat ini telah melebihi kapasitas tampung Rudenim Medan, membuat pemenuhan hak-hak imigran belum bisa dipenuhi secara maksimal.

Kepala Rudenim Belawan Herdaus mengungkapkan, saat ini hanya terdapat sekitar 30 kamar di Rudenim Belawan. Dimana seharusnya setiap kamar hanya diisi maksimal 4 orang imigran. Namun kini tiap kamarnya penuh sesak, karena harus menampung 258 orang imigran sekaligus.

Herdaus juga mengatakan, jumlah imigran yang terus bertambah seiring banyaknya imigran baru yang tertangkap, memberikan kerisauan tersendiri. Sebab dengan anggaran yang terbilang cukup kecil, bukan hanya kebutuhan sekunder yang akan sulit, namun juga kebutuhan pokok para imigran seperti kebutuhan pangan.

Herdaus menjelaskan, saat ini pihaknya telah berkordinasi dengan sejumlah stakeholder di Sumatera Utara, termasuk lembaga sosial kemasyarakatan dalam upaya mengakomodasi para imigran. Sejumlah imigran telah dipindahkan ke tempat penampungan sementara yang disediakan mitra Rudenim. Herdaus juga mengaku seluruh imigran baik yang ditampung di Rudenim maupun di lokasi penampungan mitra akan mendapatkan fasilitas kesehatan secara gratis. – Muhammad Rizki (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in