Home | Jurnal Medan | Fasilitas Perkeretaapian Bandara Kuala Namu Rampung Akhir Tahun

Fasilitas Perkeretaapian Bandara Kuala Namu Rampung Akhir Tahun

By
Font size: Decrease font Enlarge font

PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan seluruh fasilitas perkeretaapian pendukung operasional Bandara Baru di Kuala Namu, akan rampung paling lambat akhir tahun ini. Pembangunan seluruh infrastruktur pun telah memasuki tahap finalisasi, termasuk proyek pembangunan beberapa terminal yang akan digunakan sebagai terminal transit.

Humas PT KAI Divisi Regional I Sumut Aceh Hasri kepada Smart FM, Kamis (22/11/2012) mengungkapkan, pihaknya belum menemukan kendala berarti dalam penyelesaian seluruh fasilitas perkeretaapian yang diprogramkan. Seperti untuk jalur perlintasan, saat ini seluruhnya telah diperbaharui dengan peningkatan kualitas rel, termasuk jalur tambahan yang menghubungkan Stasiun Aras Kabu di Desa Batang Kuis, yang terintegrasi dengan jalur menuju bandara.

Saat ini proyek peningkatan kualitas rel ini hanya tinggal menyisakan perbaikan di lintasan yang dilalui jalan umum, yang sedikit rusak akibat proyek pembaruan rel tersebut. Untuk City Check In di Stasiun Besar Medan, Hasri mengaku pihaknya hanya menyisakan perampungan interior stasiun. Sementara untuk proyek jembatan penyebrangan (Skybridge) dari lapangan parkir menuju terminal City Check in yang belum dikerjakan, sepenuhnya menjadi tanggungjawab Pemerintah Kota Medan.

Hasri optimis operasional kereta api dari dan menuju Bandara Kuala Namu akan rampung tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditargetkan pemerintah. PT KAI pun berencana mengoperasikan kereta api lebih dahulu dibandingkan operasional bandara, guna melakukan uji kelayakan dan perbaikan layanan secara maksimal saat bandara secara resmi dioperasikan. – Muhammad Rizki (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in