Home | Jurnal Medan | 5 Bulan Jelang Pilkada, KPUD Sumut Belum Miliki DPT

5 Bulan Jelang Pilkada, KPUD Sumut Belum Miliki DPT

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumatera Utara, mengaku belum memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu), yang akan digelar Maret 2013 mendatang. Hingga saat ini KPUD Sumut masih menggunakan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang merupakan DPT pada pemilu legislatif 2009 lalu.

Ketua KPUD Sumut Irham Buana Nasution kepada Smart FM, Kamis (22/11/2012) mengungkapkan, saat ini jumlah pemilih sementara yang tercatat di DPS mencapai 11,3 juta pemilih. Jumlah itu pun masih sama dengan jumlah pemilih pada Pilgubsu 2008 lalu, akibat tak dilakukannya pemutakhiran data pemilih di pemilu legislatif 2009 lalu.

Menurut Irham, jumlah DPS itu akan terus bertambah seiring proses pemutakhiran yang tengah dilakukan KPUD bersama pemerintah kabupaten/kota di Sumut. Ia optimis pemutakhiran data dapat selesai akhir tahun nanti, sehingga tak sampai mengganggu tahapan pilgubsu yang telah dijadwalkan. Irham juga menegaskan, pihaknya sangat berharap simpul-simpul masyarakat di lapisan terbawah dapat membantu KPUD untuk mensosialisasikan pemutakhiran data pemilih ini, dengan mengingatkan masyarakat untuk melakukan pengecekan ke kantor-kantor kecamatan.

Untuk mengantisipasi adanya kekeliruan yang besar dalam DPT, Partai Politik diminta ikut membuat DPT tandingan yang nantinya dapat menjadi pembanding untuk menyempurnakan DPT yang dibuat KPUD dan Pemerintah. Sehingga konflik akibat DPT tak perlu terjadi di kontestasi Pilgubsu mendatang. – Muhammad Rizki (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in